5 Daftar Negara Dengan Biaya Pendidikan Murah

20 May 2024 16:05 WIB

thumbnail-article

Pixabay / Pexels

Penulis: Elok Nuriyatur

Editor: Indra Dwi

Polemik uang kuliah tunggal (UKT) sedang memanas belakangan ini, ditambah dengan pernyataan kontroversial yang diucapkan Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek Tjitjik Sri Tjahjandarie yang dianggap tidak menjawab persoalan mahasiswa.

Tjitjik menyebut pendidikan tinggi merupakan pendidikan tersier atau pilihan yang tidak masuk dalam wajib belajar 12 tahun.

Ditengah polemic biaya UKT mahal, muncul pertanyaan daftar negara dengan biaya pendidikan murah, di luar negeri perguruan yang berbasis publik (negeri) tergolong sangat murah bahkan  banyak negara yang memberikan pendidikan gratis sehingga mahasiswa hanya mengeluarkan biaya untuk administrasi dan living cost.

Daftar negara dengan biaya pendidikan murah

1. Swedia

Mengutip Instagram Kobi Education sebuah lembaga yang membagikan tips belajar ke luar negeri, Negara yang terletak di Eropa utara, Swedia menjadi salah satu negara yang menyediakan pendidikan murag bahkan biaya pendidikan secara gratis bagi siswa dari negara-negara Uni Eropa atau EEA (Area Ekonomi Eropa).

Namun tak perlu khawatir bagi siswa atau mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke Swedia. biaya kuliah yang mereka tawarkan masih terjangkau jika dibandingkan dengan banyak negara lain.

Bahkan Universitas-universitas yang ada di Swedia sebagian besar menawarkan program tuition fee waiver bagi mahasiswa internasional, jika kamu mendapatkannya maka bisa bebas biaya kuliah.

2. Jerman

Mengutip dari situs Times Higher Education (THE), Jerman menjadi salah satu negara dengan biaya pendidikan gratis untuk mahasiswa sarjana dan biaya kuliah yang relatif rendah bagi mahasiswa pascasarjana.

Meskipun terdapat biaya administratif dan hidup, namun masih cenderung terjangkau jika dibandingkan dengan banyak negara lain.

3. Austria

Austria adalah negara lain di pusat Eropa yang menjadi negara tujuan bagi siswa yang mencari pendidikan berkualitas selain itu biaya pendidikannya juga terjangkau

Negara bekas Kekaisaran Austro-Hongaria ini menawarkan biaya pendidikan sebesar 726,72 euro atau setara dengan Rp 12 juta per semester. Lalu, membayar biaya tambahan 20,20 euro atau Rp 330.000 untuk biaya keanggotaan student union dan asuransi.

4. Turki

Selain menjadi salah satu tujuan  liburan terfavorit, Turki menjadi salah satu negara dengan pendidikan terjangkau, selain itu menjadi salah satu negara yang aman dengan tingkat kriminalitas yang rendah sehingga nyaman untuk menuntut ilmu.

5. Prancis

Selain dikenal dengan negara budaya, Sejarah dan keindahan alam, Perancis juga dikenal sebagai Negara dengan biaya pendidikan terjangkau, kamu perlu merogoh lodek sebesar 170-650 euro atau setara dengan Rp 2,7 juta - Rp 10,6 juta per tahunnya.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER