8 Daftar Negara yang Menggratiskan Biaya Kuliah

28 May 2024 20:05 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi buku-buku sebagai simbol pengetahuan dan pendidikan. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi kamu calon mahasiswa atau sarjana yang ingin melanjutkan kuliah jenjang S-2 atau S-3, terdapat beberapa negara yang menawarkan biaya kuliah gratis. Dengan demikian, kamu tidak perlu mendaftar beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. 

Ada setidaknya delapan negara yang menggratiskan biaya kuliah bagi mahasiswanya, salah satunya Finlandia. Di negara Skandinavia ini, seluruh biaya kuliah ditanggung oleh pemerintah. 

Mahasiswa yang berkuliah di Finlandia tinggal membayar biaya hidup dan keperluan pribadi selama menjalani masa pendidikan. 

Selain Finlandia, dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar negara yang menggratiskan biaya kuliah bagi mahasiswanya.

Negara-negara Skandinavia

Di negara-negara Skandinavia seperti Norwegia, Denmark, Swedia dan Finlandia, pendidikan tingkat tinggi dapat diakses oleh seluruh masyarakat secara gratis. 

Selain warga lokal, mahasiswa internasional juga bisa merasakan biaya kuliah gratis jika menempuh pendidikan di negara-negara Skandinavia. Hanya saja, mahasiswa dari luar negeri harus merogoh kocek pribadi untuk biaya hidup selama berkuliah. 

Meski demikian, calon mahasiswa dapat mencari beasiswa kuliah di negara-negara tersebut yang sekaligus menawarkan biaya hidup selama kuliah. 

Jerman

Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang dikenal menggratiskan biaya kuliah bagi mahasiswanya. Rata-rata kampus di Jerman hanya membebankan biaya administrasi atau biaya per semester dalam jumlah kecil. 

Selain itu, biaya kuliah di Jerman umumnya digratiskan bagi mahasiswa lokal maupun mancanegara. Kebijakan ini meungkinkan mahasiswa untuk mencecap pendidikan setinggi mungkin tanpa harus khawatir dengan biaya. 

Prancis 

Di Prancis, mahasiswa dapat belajar di perguruan tinggi publik secara gratis. Tarif nol untuk pendidikan ini juga berlaku bagi mahasiswa internasional. 

Beberapa kampus mungkin menetapkan sejumlah biaya bagi mahasiswa mancanegara, tetapi nominalnya biasanya tidak banyak .

Namun, mayoritas program kuliah yang digratiskan di Prancis diajarkan dalam bahasa lokal. Artinya, calon mahasiswa internasional harus menjalani pelatihan bahasa Prancis terlebih dahulu sebelum dapat memulai perkuliahan. 

Yunani

Yunani juga menawarkan pendidikan gratis di perguruan tinggi publik bagi mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri, khususnya yang berasal dari negara-negara Uni Eropa (EU) dan Wilayah Ekonomi Eropa (EEU).

Mahasiswa internasional yang berasal dari negara di luar kawasan tersebut biasanya akan dibebankan sejumlah biaya. Namun, biayanya masih sangat terjangkau jika dibandingkan negara-negara lainnya. 

Islandia

Negara berikutnya yang menawarkan biaya kuliah gratis adalah Islandia. Biaya kuliah gratis di Islandia bisa dinikmati tak hanya oleh mahasiswa dalam negeri, melainkan juga internasional. 

Namun, mahasiswa yang berasal dari luar negeri harus menanggung biaya hidupnya sendiri selama berkuliah, serta harus mampu berbahasa Islandia karena materi kuliah yang diajarkan dalam bahasa lokal. 

Republik Ceko

Republik Ceko menggratiskan biaya kuliah bagi masyarakatnya dan mahasiswa internasional yang memilih untuk belajar dalam bahasa Ceko. 

Mata kuliah berbahasa Inggris di perguruan tinggi di Republik Ceko biasanya tidak sepenuhnya gratis. Mahasiswa tetap harus membayar biaya kuliah, tetapi jumlahnya masih sangat terjangkau. 

Turki

Di Turki, universitas publik menawarkan pendidikan gratis bagi seluruh warga negara. Bagi mahasiswa yang berasal dari luar negeri, universitas umumnya mensyaratkan sejumlah biaya, tetapi jumlahnya kecil dan tidak terlalu membebani. 

Austria

Pendidikan tinggi di Austria dikenal akan kekuatannya dalam riset dan inovasi. Menariknya, Austria menawarkan pendidikan gratis di perguruan tinggi bagi mahasiswa yang berasal dari negara-negara EU dan EEA. 

Mahasiswa yang berasal dari negara-negara lainnya biasanya akan dikenakan sejumlah kecil biaya. 

Nah, itu dia sejumlah negara yang menggratiskan biaya kuliahnya bagi mahasiswa dari dalam maupun luar negeri. Di beberapa negara tersebut, mahasiswa internasional mungkin akan dibebani sejumlah biaya kuliah. Namun, biaya yang dikenakan umumnya tidak terlalu tinggi dan masih sangat terjangkau dibandingkan negara-negara lainnya. 

Semoga informasi ini bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER