Rekam Jejak Ganjar Pranowo Selama Menjadi Gubernur Jawa Tengah

1 November 2023 11:11 WIB

Narasi TV

Ganjar Pranowo. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Sebelum maju menjadi calon presiden 2024, Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode. Selama itu juga Ganjar memperoleh beberapa penghargaan. Berikut daftar prestasi Ganjar selama menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Selama 10 tahun kepemimpinan Ganjar, Provinsi Jawa Tengah seringkali mendapat penghargaan di berbagai bidang. Bahkan ia juga menerima penghargaan sebagai The Best Governor (Gubernur Terbaik) Tahun 2023 dari The Asian Post.

Mengutip situs resmi Provinsi Jawa Tengah, Jatengprov, Ganjar menyebut hanya memiliki dua prestasi selama memimpin Jawa Tengah. Pertama adalah integritas pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng). Kedua adalah melayani dengan sepenuh hati.

Lantas, apa saja prestasi Ganjar Pranowo selama menjadi Gubernur Jawa Tengah?

Daftar prestasi Ganjar

Berikut daftar prestasi Ganjar Pranowo selama menjadi Gubernur Jateng:

  • Pelayanan publik dan kualitas pemerintahan

Sejauh ini, Jawa Tengah memiliki 28 Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP ini bertujuan untuk menciptakan pelayanan yang mudah, murah, dan cepat bagi masyarakat.

Ganjar juga terus berupaya meningkatkan kualitas pemerintahan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota melalui e-governance untuk menghindari tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme.

  • Kesejahteraan masyarakat

Program yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat yaitu “Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng)”. Program ini bertujuan untuk menekan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), serta angka stunting.

Selain itu, ada pula program “Jo Kawin Bocah” untuk mencegah pernikahan dini yang turut menyumbang AKI, AKB, serta kasus stunting.

  • Pembangunan infrastruktur

Selama kepemimpinannya, Ganjar telah membangun berbagai infrastruktur publik seperti Tol Trans Jawa, Jalan Nasional dan Provinsi sepanjang 10.942 km, pembangunan jembatan, dan 1.135 embung desa.

  • Program Kartu Tani

Program ini bertujuan untuk mewujudkan distribusi, pengendalian, dan pengawasan pupuk subsidi kepada petani yang berhak memerolehnya. Selain itu, Kartu Tani juga digunakan untuk mendata identitas petani terkait apa yang ditanam dan penjadwalannya.

  • Subsidi Bunga dan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)

Program ini bertujuan memberikan perlindungan kepada petani dari ancaman risiko gagal panen karena banjir, kekeringan, serangan penyakit dan organisme pengganggu tanaman.

  • Sadulur Pitu

Sadulur Pitu adalah program yang bertujuan mendorong masyarakat untuk gotong royong dalam berbagai hal seperti pertanian, perikanan, perkebunan, kerajinan, hingga pelayanan kesehatan dan pendidikan.

  • Hetero Space

Hetero Space adalah program yang bertujuan memfasilitasi ruang kerja, akses ke sumber daya, pelatihan, mentoring dari ahli bisnis bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta memberikan akses ke jaringan dan komunitas bisnis.

  • Lapak Ganjar

Program ini bertujuan untuk memberi tempat usaha, pelatihan, pendampingan bisnis, edukasi pemasaran produk, dan pameran produk. Lapak Ganjar selalu berbeda-beda untuk mengakomodir semua bisnis yang dijalankan masyarakat Jawa Tengah.

  • Pabulalon

Pabulalon adalah program yang dicanangkan Ganjar untuk mempromosikan kearifan lokal dan budaya Jawa. Setidaknya sudah ada 818 desa wisata di Jawa Tengah, 120 kelompok seni tradisi desa yang aktif kembali, serta peningkatan sektor kerajinan dan kuliner.

  • Renovasi pasar tradisional

Selama 10 tahun menjabat sebagai gubernur, Ganjar Pranowo telah membangun kembali dan merenovasi 79 pasar tradisional di seluruh wilayah Jawa Tengah.

Demikian daftar prestasi Ganjar Pranowo selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR