Daftar PTN Buka Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal 2024

21 Jun 2024 10:06 WIB

thumbnail-article

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Sumber: ANTARA.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini membuka jalur mandiri tanpa uang pangkal. Sebagai informasi, uang pangkal menjadi hal umum yang berlaku di setiap perguruan tinggi di Indonesia.

Setiap kampus memiliki istilah uang pangkal yang berbeda-beda. Misalnya, Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), Iuran Pengembangan Institusi (IPI), dan nama lainnya.

Lantas PTN mana saja yang membuka jalur mandiri tanpa uang pangkal? Berikut adalah daftarnya.

Universitas Indonesia (UI)

PTN pertama ada Universitas Indonesia (UI) yang tidak menerapkan uang pangkal pada jalur seleksi mandirinya. Seleksi UI dikenal dengan Seleksi Masuk UI (SIMAK UI)

Namun tidak semua jurusan atau golongan terbebas dari uang pangkal. UI sendiri memiliki sistem uang pangkal atau biasa dikenal dengan istilah IPI.

IPI adalah komponen biaya bagi mahasiswa yang diterima jalur mandiri atau SIMAK UI 2024. Besarannya berdasarkan prinsip kewajaran, proporsional, dan berkeadilan, dengan memperhatikan kemampuan ekonomi mahasiswa dan orangtua/penanggung biaya pendidikan mahasiswa.


Universitas Gadjah Mada (UGM)

Selain UI, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga mmeiliki jalur mandiri yang menerapkan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU). Namun, tidak semua mahasiswa jalur mandiri dikenakan biaya SSPU.

SSPU sendiri adalah persentase solidaritas dari keluarga mahasiswa yang lebih mampu untuk membantu mahasiswa lain yang lebih membutuhkan. Hasilnya nanti mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi tetap dapat kuliah di UGM dengan UKT Rp0 atau mendapatkan UKT yang relatif kecil.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tahun ini membuka kesempatan seleksi mandiri beasiswa yang diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan mempunyai prestasi akademik dan non akademik.

Bagi calon mahasiswa yang lolos pada program studi terakreditasi A atau unggul, maka kamu tidak akan dikenakan uang pangkal atau SPI.

Universitas Islam Negeri (UIN) di Seluruh Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa seluruh Universitas Islam Negeri (UIN) tidak menerapkan uang pangkal di jalur mandirinya.

Bahkan tidak hanya UIN, perguruan tinggi lain di bawah Kementerian Agama seperti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) serta Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri  (STAIN) juga tidak memungut uang pangkal.

Hal ini sudah sejalan dengan Keputusan Menteri Agama 2023, di mana dalam aturannya tertulis bahwa seluruh PTKIN dilarang memungut uang pangkal. Berikut beberapa UIN terbaik yang bisa kamu coba:

  • UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • UIN Sunan Ampel Surabaya
  • UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan
  • UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • UIN Walisongo Semarang

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER