Dari Rock hingga Religi, Berikut Band Multi Genre yang Meriahkan Panggung Modal Percaya Pasarmalem

4 Maret 2023 16:03 WIB

Narasi TV

Group RAN saat tampil di "Panggung Modal Percaya" #PasarMalem Sabtu, 4 Maret 2023. Sumber: Doc. Narasi.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Bicara dunia hiburan, pasti kita juga akan bicara tentang musik. Apalagi ada berbagai genre musik di Indonesia yang bisa kita dengarkan sepanjang masa, termasuk dari band yang sudah berkiprah lebih dari 10 tahun alias satu dekade.

Belakangan ini, beberapa band yang sudah satu dekade berkarya mengadakan konser atau tur untuk merayakan karya mereka. Berikut beberapa band dengan genre berbeda yang lagu-lagunya masih sering kita dengar sampai saat ini:

  • RAN

Grup musik yang satu ini selalu menonjolkan kesan yang fresh dan groovy dalam setiap lagunya. Berasal dari singkatan nama personilnya yaitu Rayi, Asta, dan Nino, RAN mulai berkarya sejak tahun 2007 dengan album pertamanya berjudul “RAN for Your Life”. Genre musik RAN adalah R&B, hip hop, funk, jazz, dan R&B alternatif.

RAN terkenal dengan lagu-lagunya yang selalu mengandung permasalahan anak muda dalam percintaan. Bahkan lagunya pun seolah mendobrak pakem yang selama ini menganggap bahwa lagu mellow harus mendayu-dayu. Justru RAN membawakan lagunya dengan nada segar dan ceria serta bertempo middle beat.

Tahun 2023 ini, RAN genap berusia 16 tahun. Mereka pun tidak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi dengan penyanyi atau band masa kini dan tidak mengkotak-kotakkan genre.

  • NTRL

Band NTRL atau Netral terbentuk tahun 1993 dengan mengusung genre rock alternatif dan punk rock

Sebelumnya, NTRL sempat diisukan bubar karena kesibukan setiap personilnya. Bahkan nama Netral pun terpaksa harus diubah karena masalah royalti yang dilakukan oleh Bimo, mantan personil sekaligus penggagas Netral. Akhirnya, Bagus mengubah namanya menjadi NTRL. Kini nama tersebut tidak lagi dipermasalahkan oleh sesama personil maupun mantan personilnya.

Penampilan NTRL di Panggung Modal Percaya, Pasarmalem. SumberL Doc. Narasi.
Penampilan NTRL di Panggung Modal Percaya Pasarmalem.
Sumber: Doc. Narasi.

Pada April 2012, Netral mengeluarkan album berjudul UNITY yang mengambil tema sosial seperti fenomena sosial, korupsi, dan lingkungan hidup. Setelah berganti nama, NTRL mengeluarkan album berjudul 11/12 yang dirilis tahun 2015.

  • Wali

Band Wali awalnya bernama Fiera. Kemudian mereka berganti nama menjadi Wali di tahun 2008 setelah bergabung bersama Nagaswara. Band ini mulai dikenal dengan lagunya berjudul “Dik” yang kemudian laku besar di pasaran.

Seiring berjalannya waktu, karya Wali pun semakin dikenal. Mereka bahkan meraih rekor MURI sebagai Rekor Download RBT (ring back tone) Terbanyak di Indonesia.

Wali merupakan band dengan genre pop melayu. Maka tak heran jika lagu-lagunya kebanyakan bertajuk religi. Kini, band Wali sudah berusia 23 tahun.

Dari berbagai macam genre musik yang melatarbelakangi band-band di atas,  mereka tampil memukau dalam satu panggung di “Panggung Modal Percaya” dalam acara Pasarmalem #HiburanAsliTjapIndonesia. 

RAN yang pertama-tama tampil menghibur warga PasarMalem dengan hits-hitsnya yang memukau dan membangkitkan banyak memori. Diikuti oleh NTRL yang tak kalah menghentak panggung. Sementara Wali tampil terakhir dan semakin memantapkan nostalgia penonton lewat lagu-lagu hitsnya. 

Caption: Penampilan Wali di Panggung Modal Percaya Pasarmalem.
Sumber: Doc. Narasi.

Pasarmalem adalah sebuah event dari Narasi dipersembahkan oleh Grab OVO didukung oleh Tri dan Le Minerale.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR