Dari Tesla hingga X, Ini 5 Bisnis Milik Elon Musk yang Diklaim Futuristik

13 Mei 2024 13:05 WIB

Narasi TV

Elon Musk. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Mulai dari pabrikan mobil Tesla, platform media sosial Twitter yang kini menjadi X, hingga membawa manusia ke luar angkasa melalui Space X. Bisnis Elon Musk seakan mencakup hampir segala hal, tak ayal jika Elon Musk menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Pebisnis asal Amerika Serikat ini memang dikenal dengan gaya nyentriknya dalam mempromosikan berbagai macam lini bisnisnya. Masih jelas dalam ingatan bagaimana Elon Musk berencana naik ring dalam sebuah duel tinju menghadapi bos Meta, Mark Zuckerberg setelah ia mengakuisisi Twitter.

Elon Musk juga menjadi sorotan ketika kaca Cybertruck yang diklaim tahan guncangan dan anti peluru justru pecah saat dipukul dengan palu saat presentasi. Selain dalam lini bisnisnya, Elon Musk juga membuat sensasi  ketika memberi nama anaknya dengan nama yang tak wajar yaitu X Æ A-12 meski pada akhirnya ia mengurungkan niat tersebut.

Terlepas dari segala kontroversi dan perilaku nyentriknya, Elon Musk tetap seorang pebisnis handal dan memiliki visi yang sangat futuristik. Ia menjadi salah satu orang terkaya didunia versi Forbes, tepatnya Elon menempati peringkat ketiga dalam daftar orang terkaya di dunia. 

Bisnis Elon Musk

Berikut beberapa Bisnis Milik Elon Musk yang membuat ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia:

  • Tesla

Mobil listrik yang sempat diincar oleh pemerintah agar berinvestasi di Indonesia ini merupakan salah satu pabrikan mobil listrik besar didunia. Salah satu hal yang menjadi unggulan adalah teknologi futuristik yang disematkan ke mobil ini. 

Elon mengakuisisi Tesla pada tahun 2008 dan menjadi salah satu pionir pengembangan mobil listrik dan pengembangan teknologi 'self driving'

Meskipun sempat membuat gempar karena presentasi Cybertruck yang gagal, tetapi kini Cybertruck telah hadir dan mampu memenuhi ekspektasi sebagai truk yang kuat dan kacanya tidak pecah ketika dipukul menggunakan palu.

  • SpaceX

Visi futuristik Elon Musk membawa manusia keluar angkasa berusaha dilakukan melalui perusahaan Space X, satu-satunya perusahaan swasta yang mampu membawa manusia ke luar angkasa. 

Elon mendirikan Space X pada tahun 2022 dengan visi membawa manusia berwisata ke luar angkasa. Meski masih mengalami kegagalan, tetapi peluncuran roket terbaru SpaceX dinilai sebagai sebuah keberhasilan.

  • The Boring Company

Meskipun boring artinya membosankan, tetapi  nama dari perusahaan ini adalah perusahaan konstruksi yang memiliki spesialisasi membuat terowongan. Perusahaan ini didirikan pada 2016 di Amerika Serikat. Nama Boring merujuk pada kegiatan pengeboran yang dilakukan untuk membangun terowongan.

  • X

Elon Musk membuat gempar setelah mengakuisisi Twitter pada tahun 2022 lalu. Akuisisi ini dilanjutkan dengan PHK massal dan penerapan kebijakan Twitter Blue dan perubahan nama menjadi X yang menuai kontroversi. 

Akuisisi Twitter juga membuat ia terlibat perseteruan dengan Mark Zuckerberg, terlebih setelah Meta membuat aplikasi Threads yang sangat mirip dengan Twitter.

  • Neurolink

Visi Elon Musk tentang sebuah dunia yang futuristik mendorongnya mengembangkan sebuah chip yang akan ditanamkan di otak. Tujuan chip ini adalah membuat manusia semakin cerdas, membuat orang lumpuh bisa berjalan lagi dan menyembuhkan cedera otak traumatis.

Meskipun masih dalam pengembangan, tetapi nilai investasi Neurolink telah mencapai 511 juta USD pada 2022 lalu.

Selain kelima bisnis itu masih ada juga beberapa bisnis elon Musk seperti OpenAI dan Deep Mind yang bergerak di bidang teknologi kecerdasan buatan. Visi Futuristik Elon Musk diterapkan dalam segala lini bisnisnya, mulai dari aplikasi media sosial,  konstruksi, hingga transportasi luar angkasa.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR