Apa itu Afirmasi? Pengertian, Cara, dan Manfaatnya

2 Januari 2023 14:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi catatan yang berupa afirmasi positif. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Sebagian dari kita pasti pernah mengalami stres karena gagal, sehingga kamu merasa tidak memiliki kepercayaan diri. Jika kamu mengalami hal tersebut cobalah untuk menciptakan afirmasi positif pada diri.

Afirmasi biasanya berupa pernyataan positif untuk mengubah pikiran seseorang sehingga dapat menciptakan kepercayaan diri pada orang tersebut.

Definisi Afirmasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “afirmasi” berarti penetapan yang positif. Afirmasi merupakan sebuah pernyataan-pernyataan positif yang khusus ditujukan untuk diri sendiri. Dengan adanya afirmasi ini diharapkan dapat membantu Anda untuk bisa berpikir positif dan menjauhkan diri dari perilaku destruktif.

Sementara menurut August Munar, afirmasi diri adalah pernyataan positif atau kalimat yang ditujukan untuk diri sendiri yang bisa memengaruhi pikiran bawah sadar untuk membantu mengembangkan persepsi yang lebih positif terhadap diri sendiri.

Afirmasi membantu seseorang berpikir positif untuk mengirimkan pesan ke pikiran dan alam bawah sadar sehingga dapat menanamkan keberhasilan dan kesuksesan di masa depan.

Cara melakukan afirmasi positif

  • Sesuaikan dengan kondisi

Mengucapkan kalimat afirmasi positif bisa kamu sesuaikan dengan kondisimu saat ini. Misalnya saat sedang lelah dengan tugas kuliah atau lembur kerjaan. Kamu perlu bilang pada diri sendiri untuk selalu bersyukur karena dapat mengenyam bangku kuliah atau memiliki rekan kerja positif.

  • Gunakan kalimat bermakna positif

Hindari menggunakan kata-kata dengan konotasi negatif. Coba selalu menggunakan kata berkonotasi positif seperti ketika beberapa kali datang terlambat ke kampus karena kesulitan tidur, namun kamu berhasil mengatasinya dan bisa datang tepat waktu. 

  • Lakukan dengan Tindakan

Afirmasi akan berhasil jika tidak hanya sekadar diucapkan namun juga perlu diambil tindakan. Jika kamu berhasil melakukan keduanya maka banyak perubahan positif yang terjadi dalam dirimu, salah satunya peningkatan kepercayaan diri.

Manfaat afirmasi positif

  • Mengurangi pikiran negatif. yang terbentuk dalam pikiran, sehingga hidup akan terasa lebih ringan dan jauh dari depresi.
  • Dapat meningkatkan kesadaran diri dan lebih terbuka dengan kritik dan saran untuk memperbaiki kesalahan. 
  • Meningkatkan kepercayaan diri sehingga lebih berani mengambil keputusan untuk masa depan.
  • Dapat membantu menghargai kegiatan atau aktivitas kecil, sehingga membuat seseorang menghargai berbagai kegiatan dan fokus pada tujuan.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena tidak mudah stres dan overthinking sehingga akan membuat seseorang lebih nyaman untuk tidur.

Contoh kalimat afirmasi

  • Saya dapat dan mampu mengubah tantangan menjadi peluang untuk menjadi lebih baik lagi.
  • Kerja keras saya saat ini pasti membuahkan hasil.
  • Saya akan giat belajar mulai hari ini dan menjadi lebih baik lagi di masa depan untuk diri sendiri dan keluarga. 

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR