Definisi Engagement Rate: Kegunaan, Cara Mengukur, dan Tips Meningkatkannya

3 Januari 2023 10:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang content creator tengah membuat konten di media sosial. (Sumber: Freepik)

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Rizal Amril

Dalam bermain sosial media, istilah engagement rate tentu sudah menjadi suatu istilah yang tidak asing, terutama bagi mereka yang menjalani pekerjaan di bidang digital marketing.

Engagement rate dapat diartikan sebagai sebuah matriks yang digunakan dalam pemasaran konten, seperti foto, video, hingga tulisan dalam sebuah platform sosial media, seperti Instagram, Twitter, hingga Facebook. 

Engagement rate menjadi suatu hal  yang penting bagi content creator.

Hal tersebut dikarenakan matriks satu ini menjadi tolak ukur atas kebutuhan pemirsa, memantau keefektifan suatu campaign, hingga memantau kinerja kompetitor melalui jumlah interaksi antara pemirsa dengan content creator melalui konten yang telah di-posting

Cara mengukur engagement rate

Untuk mengukur engagement rate, seseorang dapat menggunakan beberapa fitur yang telah tersedia seperti komentar, suka, bagikan, hingga post ulang. 

Namun beberapa aplikasi ada kalanya tidak menyediakan beberapa fitur tersebut. Berikut adalah empat cara untuk mengukur engagement rate dengan praktis.

1. Melalui reach

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengukur engagement rate adalah memakai jumlah reach

Jumlah reach yang dimaksud tidak hanya terbatas pada jumlah followers, tetapi juga termasuk jumlah pengguna yang telah melihat atau berinteraksi dengan konten yang telah dibagikan.

Berikut rumus yang dapat dipakai, untuk menghitung engagement rate melalui reach:

  • Rata-rata engagement rate = total engagement rate  / total post  x 100

2. Melalui impression

Cara yang kedua adalah melalui impression, yang berarti seberapa sering konten seseorang muncul dalam timeline seseorang. Berikut rumus untuk menghitung engagement rate melalui impression: 

  • Rata-rata engagement rate = total impression / total post  x 100

3. Melalui post

Menilai engagement rate dengan menggunakan post, berarti seseorang menilai kualitas konten yang ada berdasarkan keterlibatan followers yang dimiliki. Berikut rumus menghitung engagement rate melalui post:

  • Engagement post = total engagement dalam satu postingan / total followers x 100
  • Rata rata engagement rate = Total engagement rate post / total post

4. Melalui view

Cara yang keempat adalah melalui jumlah view. Cara yang satu ini berarti seseorang menilai engagement rate melalui jumlah orang yang telah melihat konten. 

Biasanya cara yang satu ini digunakan apabila konten yang ada merupakan sebuah video. Berikut rumus menghitung engagement rate melalui view.

  1. Engagement rate view = total engagement rate view / total view x 100
  2. Rata-rata ER view = Total ER view / total post

Tips meningkatkan engagement

Lebih lanjut, untuk meningkat engagement rate, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar jumlah engagement rate dapat meningkat.

1. Pastikan konten telah mobile friendly

Mayoritas pengakses media sosial adalah pengguna handphone. Oleh karenanya, konten yang dibuat harus mempertimbangkan hal ini.

Kamu bisa membuat konten dengan tampilan yang mobile friendly untuk meningkatkan engagement rate.

2. Analisis ketertarikan pengguna

Selain membuat konten yang mobile friendly, kamu juga perlu menganalisis aktivitas pengguna media sosial.

Kamu bisa melakukan analisis jumlah komentar, like, hingga share yang dilakukan oleh pengguna, baik di kontenmu maupun di konten orang lain.

Setelah mengetahui ketertarikan pengguna media sosial, kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan analisis yang telah kamu buat. 

3. Posting di jam terbaik

Selain dua tips di atas, kamu juga bisa memperhatikan jam posting konten. Hal tersebut dikarenakan pengguna media sosial memiliki waktu tertentu untuk mengakses konten media sosial.

Waktu yang dimaksud adalah waktu-waktu di mana banyak orang mengakses media sosial. Misalnya, posting konten di saat weekend karena banyak orang mencari hiburan di hari libur melalui media sosial. 

Demikian penjelasan mengenai engagement rate yang penting dalam dunia digital marketing untuk menilai efektif atau tidaknya suatu konten. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR