10 Cara FYP TikTok Berikut ini Bisa Kamu Gunakan agar Konten Cepat Viral

20 Dec 2022 00:12 WIB

thumbnail-article

Seseorang memegang smartphone dengan logo TikTok yang ditampilkan dalam gambar ilustrasi yang diambil pada 7 November 2019. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Penulis: Elok Nuriyatur Rosyidah

Editor: Rizal Amril

TikTok kini menjadi salah satu media sosial berbasis video yang paling populer dalam skala global. 

Menurut catatan Business of Apps, pada kuartal II 2022, TikTok sudah memiliki 1,46 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) di seluruh dunia.

Jadi tidak heran jika pengguna TikTok berlomba-lomba agar video yang mereka unggah bisa masuk FYP.

For Your Page (FYP) merupakan halaman utama media sosial ini yang berisi rekomendasi video yang diberikan pihak TikTok kepada para penggunanya.

Jika video TikTok kamu masuk ke jajaran FYP, maka videomu akan dibagikan secara otomatis ke banyak pengguna TikTok lainnya.

Tentu hal tersebut menjadi impian banyak kreator konten karena dapat berguna sebagai sarana promosi dan meningkatkan angka engagement konten kamu.

Berikut ini merupakan 10 cara agar video TikTok yang kamu buat bisa masuk ke jajaran FYP.

Cara-cara berikut ini bisa dijadikan sebagai tips bagi kamu para content creator yang hendak mengembangkan akun TikTok.

1. Upload video di jam prime time

Strategi pertama ini bisa menjadi salah satu cara agar video kamu bisa masuk FYP Tiktok.

Waktu yang tepat (prime time) untuk mengunggah video di platform satu ini adalah pukul 12.00-13.00 (siang hari), 16.00-17.00 (sore hari), dan 19.00-23.00 (malam hari).

2. Tuliskan caption yang menarik

Kolom caption bukan hanya sekedar untuk keterangan, caption bisa menjadi salah satu daya tarik pengguna lainnya untuk melihat video TikTok-mu hingga akhir.

Penulisan caption yang menarik juga berpeluang memicu percakapan di kolom komentar, hal ini dapat meningkatkan engagement.

3. Buat konten yang meningkatkan engagement

Strategi lain agar video kamu masuk FYP TikTok adalah dengan membangun engagement

Hal ini bisa dilakukan dengan mengajak penonton kontenmu untuk melakukan interaksi dengan video atau foto yang kamu buat.

Interaksi seperti komentar, like, dan share merupakan hal yang penting dalam media sosial satu ini karena dianggap sebagai sinyal baik oleh algoritma TikTok.

4. Follow akun-akun yang sudah verified

Selain mengatur strategi konten dan caption, kamu juga perlu follow atau mengikuti akun-akun yang sudah terverifikasi dan juga relate dengan akunmu. 

Hal ini bisa kamu lakukan sebagai strategi agar kamu bisa melihat jenis konten yang sedang ramai atau sepi.

Kamu juga bisa menerapkan konsep “ATM” atau Amati-Tiru-Modifikasi, namun kamu tetap harus menciptakan orisinalitas dari konten yang kamu buat.

5. Berinteraksi dengan followers

Sebagai konten kreator tentunya kamu harus berinteraksi dengan followers kamu, seperti memberi like, atau membalas komentar.

Menjaga hubungan baik dengan para follower kamu juga penting karena dapat membantu keterkenalan kamu dalam algoritma TikTok.

6. Kolaborasi dengan kreator lain

Selain nge-follow akun-akun yang sudah terverifikasi dan berinteraksi dengan followers, cara selanjutnya agar video kamu masuk FYP adalah melakukan kolaborasi dengan konten kreator lain.

Konten kreator yang kamu ajak kolaborasi tidak harus yang sudah verified atau centang biru kok, siapapun bisa kamu ajak kolaborasi.

Kolaborasi dapat membuat kamu dikenal oleh penikmat konten dari kreator lain yang kamu ajak kolaborasi. Dengan demikian engagement kamu bisa bertambah.

7. Gunakan lagu/song yang sedang populer

Lagu menjadi unsur penting dalam video TikTok, lagu yang sedang trending juga dapat membantu kontenmu dilihat oleh lebih banyak orang.

Ditambah TikTok menyediakan banyak pilihan musik yang aman dari copyright. Selain itu, algoritma TikTok juga melakukan pengelompokan konten berdasarkan lagu latar yang digunakan.

Jika kamu menggunakan lagu populer, secara otomatis algoritma media sosial ini akan membaca content kamu dan menawarkan video kamu ke FYP ke orang-orang yang memiliki selera musik seperti yang ada pada videomu.

8. Ikuti tren

Tidak hanya asal membuat video, kamu juga perlu memperhatikan tren yang sedang “naik” setiap harinya.

Kamu tidak perlu mengikuti semua trend, kamu bisa mengikuti tren yang sesuai dengan karakteristik konten yang kamu bikin.

Atau, kamu juga menggunakan salah satu tren dari sudut pandang kamu dan karakteristik konten kamu.

9. Gunakan hastag

Selain caption, kamu juga perlu memperhatikan hastag. Tagging berfungsi untuk mempermudah orang lain menemukan videomu.

Meskipun belum ada pembuktian tentang keefektifan cara satu ini, namun cara satu ini bisa kamu adaptasi.

Namun, hindari menggunakan hashtag yang berlebihan dan tidak sesuai dengan isi dari kontenmu. 

10. Pilih video dengan durasi pendek

Banyak orang beranggapan bahwa semakin panjang video yang dibuat makin semakin menarik kontennya, padahal tidak melulu seperti itu.

Perlu diingat bahwa TikTok merupakan platform media sosial berbasis video pendek.

Maka dari itu, buatlah video yang singkat namun pesan yang ingin disampaikan bisa langsung diterima oleh pengguna TikTok lain.

Itulah, 10 tips atau Cara FYP di TikTok yang bisa kamu coba, semoga bermanfaat.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER