Dewa 19 Gelar Konser 30 Tahun Berkarya Hari Ini: Show Tunggal Pertama di Jakarta International Stadium (JIS)

4 Februari 2023 18:02 WIB

Narasi TV

Dua personel Dewa 19, Andra Ramadhan dan Marcello Tahitoe, dalam konser yang diadakan pada Desember 2022 lalu. (Sumber: Instagram/@marcello_tahitoe)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Hari ini, Sabtu (04/02/2023), grup band Dewa 19 akan menggelar konser bertajuk “Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 Berkarya” di Jakarta International Stadium (JIS). Konser Dewa 19 ini adalah show tunggal pertama yang digelar di JIS.

Konser Dewa 19 kali ini menjadi momen spesial bagi para Baladewa, sebutan bagi penggemar Dewa 19, karena menghadirkan empat vokalis di antaranya Ari Lasso, Once Mekel, Virzha, dan Marcello Tahitoe. 

Selain itu, konser ini juga dimeriahkan oleh lima drummer di antaranya Wawan Juniarso, Aksan Sjuman, Tyo Nugros, dan Agung Gimbal. 

Selain itu, akan ada penampilan dari Mulan Jameela dan The Lucky Laki yang turut memeriahkan pesta rakyat Dewa 19.

Konser yang awalnya akan digelar pada 12 November 2022 ini sempat ditunda lantaran belum mendapat izin keramaian. 

Segala persiapan dilakukan dengan matang. Terlebih 60 ribu tiket konser sold out dengan cepat. Dalam konferensi pers di Balai Sarbini pada Rabu (19/10/2022) lalu, Ahmad Dhani juga mengatakan bahwa panitia sudah menyiapkan 150 shuttle bus untuk mengantar penonton dari parkiran di Kemayoran menuju ke JIS.

Pengamanan lebih dari 2.000 polisi

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan setidaknya 2.174 personel Polri diterjunkan untuk mengamankan konser “Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 Berkarya”. 

Kombes Trunoyudo juga menyampaikan bahwa pengamanan konser Dewa 19 kali ini juga melibatkan berbagai personel dari instansi lain guna menjamin keamanan acara.

“TNI 100 (personel), Dishub 100, Satpol PP 100, 471 sekuriti, kru 475, medis 170, ambulans 10 unit,” ujar Kombes Trunoyudo dilansir dari detikNews.

Jalur masuk konser Dewa 19

PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro sebagai pengelola venue JIS memastikan agar konser dapat berjalan lancar. Cara yang dilakukan adalah mengarahkan mobilisasi penonton untuk sampai ke venue konser.

Akses pintu ramp barat dan timur digunakan untuk mobilisasi penonton yang sudah memiliki tiket sampai ke tribun stadion. Sedangkan akses pintu selatan menuju ramp JIS digunakan untuk penonton yang memegang karcis festival.

Mobilisasi tersebut juga didukung oleh pola pengamanan dari aparat dengan menggunakan body checking

Penonton juga harus menaati peraturan yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara. Peraturan tersebut diantaranya:

  1. Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar,
  2. Dilarang membawa kamera profesional,
  3. Dilarang membawa benda tajam,
  4. Dilarang membawa anak di bawah usia 12 tahun,
  5. Dilarang membawa benda tajam,
  6. Dilarang membawa hewan peliharaan,
  7. Dilarang membawa rokok, pods, vape di area konser.

Tentang 30 Tahun Dewa 19 Berkarya

Sebelum JIS, Dewa 19 sudah menggelar tur konser30 Tahun Berkarya” di 30 daerah seperti Bandung, Solo, Madiun, Padang, Banjarmasin, Semarang, Malang, Manado, dan Surabaya. 

Tidak hanya di Indonesia, Dewa 19 juga menggelar konser peringatan 30 tahun karirnya di Malaysia.

Selama 30 tahun sejak 1992, Dewa 19 sudah memiliki 12 album di antaranya Format Masa Depan, Terbaik Terbaik, Pandawa Lima, Bintang Lima, Cintailah Cinta, Laskar Cinta, Republik Cinta, The Best Of, Kerajaan Cinta, The Greatest Hits Remastered, The 2000’s Greatest, Atas Nama Cinta I, dan Atas Nama Cinta II.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR