Godfather of Broken Heart Didi Kempot Menjadi Google Doodle Hari ini

26 Februari 2023 09:41

Narasi TV

Google doodle yang menampilkan Didi Kempot. Sumber: Antara.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Ilustrasi wajah penyanyi legendaris campursari Didi Kempot menjadi Google Doodle pada hari ini Minggu (26/2/2022). 

Dalam laman keterangannya, alasan Google menampilkan wajah sang maestro yang dijuluki The Godfather of Broken Heart ini lantaran tepat hari ini pada tahun 2020 ia menerima Billboard Indonesia Lifetime Achievement Award. 

Diketahui, Billboard Lifetime Achievement Award adalah penghargaan yang diberikan oleh majalah Billboard kepada seorang artis yang memiliki karir luar biasa.

"Doodle hari ini merayakan musisi Indonesia Didi Kempot, yang dikenal sebagai Godfather of Broken Hearts karena menulis lebih dari 700 lagu campursari sedih dalam bahasa Jawa selama 30 tahun karirnya," tulis keterangan Google pada Minggu (26/2). 

Mengenal lebih jauh Didi Kempot

Didi Kempot lahir di Surakarta, 21 Desember 1966. Dia tumbuh besar di keluarga seniman. Ayah dan kakaknya adalah seorang komedian dan ibunya adalah seorang penyanyi tradisional Jawa.

Saat usianya menginjak 18 tahun, pelantun lagu “Pamer Bojo” ini membentuk band bernama Kelompok Pengamen Trotoar bersama teman-temanya untuk mencari nafkah. Selama lebih dari dua dekade berkarir di musik jalanan Ibu Kota Jakarta dan Surakarta, mereka mencari nafkah dengan dari penghasilan mengamen.

Nama Kempot pada nama belakang Didi diambil dari singkatan grup band jalannya “Kelompok Pengamen Jalanan.”

Meskipun tidak memiliki penghasilan besar, hanya cukup untuk makan, Didi Kempot tidak menyerah untuk terus berkarya. Ia menulis beberapa lagunya yang terkenal seperti “We Cen Yu", "Cidro", "Moblong-Moblong", dan "Podo Pintere".

Dengan keterbatasan waktu dan biaya, setelah seharian pulang ngamen, Didi sering begadang untuk merekam lagu-lagu ciptaannya di dalam kaset kosong. Meskipun pada akhirnya kaset yang ia kirim ke studio rekaman tidak membuahkan hasil dan respon dari produser musik, musisi satu ini tidak pernah menyerah dengan mimpinya.

Hingga pada 1989, Didi membuat terobosan besar dengan berhasil menandatangani kontrak dengan label musik. Single hit pertamanya lagu Cidro menjadi sangat populer di Belanda dan Suriname. Dua negara itu dengan diaspora Jawa besar.

Dari sanalah jalan musik campursari menembus pasar dunia. Tahun 1993 saat Didi Kempot melakukan tur musik pertamanya ke Belanda, dia mengaku terharu dengan para penggemar yang hafal dengan lirik lagunya.

Melihat antusiasme penggemar yang cukup besar, Didi akhirnya merilis sepuluh album lagi di Belanda dan Suriname.

Dalam perjalanan karir sebelum akhir hayatnya, campursari Didi Kempot berhasil mengalami kebangkitan dan populer di kalangan generasi muda.

Terutama lagu-lagu Didi yang menyentuh hati orang-orang yang merasakan putus cinta

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Art & Design
Gali Potensi Diri, Pelajari Ilustrasi Komik Strip

Salah satu karya seni ilustrasi yang berpengaruh adalah komik. Mudah dipahami, banyak peminatnya, dan berpotensi baik di industri. Yuk, gali potensi dan siapkan dirimu menjadi seorang komikus dengan ikut kelas ini!

Kelas Online
Art & Design
Dari Motion Sampai Animasi, Semakin Cuan Di Masa Depan

Di zaman yang serba digital dan era NFT yang semakin populer, terbuka kesempatan yang semakin besar untuk kamu meraup cuan dari karya yang kamu punya, seperti motion & animasi. Di kelas ini kamu akan memahami proses pembuatan sampai komersialisasi karya motion & animasi.

Kelas Online
Social Media
Jadi Brand Pionir Lewat Strategi Media Sosial & Content Marketing!

Enggak hanya akses informasi dan hiburan, sekarang, sosial media bisa kamu maksimalkan untuk branding lewat strategi media sosial & content marketing. Kuasai tekniknya di sini ya!

Kelas Online
Social Media
Brand Identity: Bikin Konten Media Sosial Konsisten

Sebagai pengguna media sosial, kebanyakan dari kita akan sangat senang jika mendapat informasi atau hiburan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter kita. Pesan-pesan konten di akun-akun media sosial serasa dekat dan seolah sedang berbicara dengan kita sebagai teman. Inilah yang dinamakan memanusiakan akun media sosial. Di kelas ini, kamu akan mendapat ilmu bagaimana memanusiakan media sosial seperti membangun kehadiran dan identitas lewat branding.

Kelas Online
Event
KEREN: Kelas Event Creative Narasi Academy

Kamu sudah sering datang dan menikmati pertunjukan di sebuah event? Tapi, pernah enggak sih, kepo dengan proses kreatif dan persiapan teknis di satu event? Yuk, cari tahu di sini!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Event
Berikan Pengalaman Tak Terlupakan Pada Event-mu!

Di balik perencanaan dan pelaksanaan event ada berbagai cerita menarik, seperti proses kreatif, event management dan budgeting plan. Yuk, kita cari tahu lebih banyak!

Kelas Online
Journalism
Memahami Reportase Sampai Investigasi: Sajikan Fakta & Data

Kamu selalu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Salah satunya adalah dengan menjadi citizen journalism. Berita yang kredibel, informatif dan mendalam bisa dengan mudah untuk kamu sajikan ke publik! Di sini kamu harus memperhatikan pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat agar tidak terjadi mispresepsi terhadap masyarakat. Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif. Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta mengkurasi berita dengan menyajikan fakta dan data dengan metode storytelling.

Kelas Online
Content Production
Meramu Video Estetik Dengan Teknik Storytelling, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah salah satu calon content creator professional di masa depan. Apalagi, sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Karena itu, kunci utamanya adalah belajar di kelas ini untuk menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience-mu.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya