Doa agar Menstruasi Lancar Menurut Ajaran Islam

10 Jan 2024 20:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi perempuan muslim mengamalkan doa agar menstruasi lancar. (Sumber: Pexels/Thirdman)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa merupakan salah satu amalan yang dapat dilakukan agar menstruasi berjalan lancar. 

Doa agar menstruasi lancar penting diketahui muslimah, terutama, yang sering mengalami siklus menstruasi yang tidak normal.

Meskipun umum terjadi, menstruasi pada perempuan seringkali mengalami keterlambatan, bahkan dapat terjadi hingga hitungan bulan.

Secara medis, kondisi tersebut terjadi karena banyak faktor, mulai dari gangguan hormon, tingkat stres, efek obat tertentu, kebiasaan merokok, atau turunnya berat badan secara signifikan.

Tentang menstruasi

Secara biologis, menstruasi adalah siklus perubahan fisiologis pada tubuh perempuan akibat pengaruh hormon reproduksi yang dihasilkan oleh perempuan.

Siklus menstruasi atau haid ditandai dengan keluarnya darah dari vagina.

Kondisi ini normal terjadi pada perempuan sejak udia 9 sampai 12 tahun, meskipun terdapat pula kasus di mana perempuan mulai mengalami menstruasi pada usia 13 sampai 15 taun.

Siklus ini biasanya berlangsung hingga perempuan menginjak usia 45-55 tahun.

Melansir NU Online, kendati menstruasi ditandai dengan keluarnya darah, namun menstruasi bukan pertanda penyakit, justru merupakan salah satu tanda bahwa organ reproduksi perempuan dalam keadaan sehat.

Lamanya menstruasi pada perempuan berbeda-beda tiap individu, umumnya lamanya haid berkisar antara satu hari satu malam hingga enam atau tujuh hari. Namun tak menutup kemungkinan terdapat menstruasi yang berlangsung lebih lama dari itu.

Keluarnya darah dari vagina ini dalam keadaan sehat bukan karena penyakit, dan masa haid paling sedikit adalah kira-kira satu hari satu malam (24 jam), secara terus menerus.

Sementara waktu paling banyaknya adakah  15 hari 15 malam, apabila lebih dari itu maka dihukumi darah istihadhah. Sedangkan umumnya haid adalah 6 hari atau 7 hari.

Meskipun bukan penyakit, namun Islam melarang perempuan yang tengah haid untuk melakukan beberapa ibadah.

Hal tersebut bukan dikarenakan diskriminasi, melainkan karena syarat kesucian yang ada pada ibadah-ibadah tersebut.

Dalam Islam, darah--dari manapun asalnya--yang keluar dari tubuh pemiliknya dianggap sebagai zat yang najis.

Oleh karenanya, perempuan yang selama haid terus menerus mengeluarkan darah dilarang untuk melakukan beberapa ibadah karena tidak mungkin untuk menyucikan diri.

Beberapa ibadah yang tidak boleh dilakukan oleh perempuan yang sedang haid, antara lain:

  • Salat, baik yang bersifat fardu maupun sunah, termasuk sujud tilawah dan syukur.
  • Puasa, baik yang bersifat fardu maupun sunah.
  • Membaca Al-Qur'an.
  • Menyentuh mushaf.
  • Masuk ke dalam masjid.

Doa agar menstruasi lancar 

Kendati perempuan yang tengah haid dikenai larangan melaksanakan beberapa ibadah karena alasan kesucian, bukan berarti perempuan tersebut tak boleh beribadah sama sekali.

Ibadah lain, seperti bersedekah atau berdoa, tetap diperbolehkan bagi perempuan yang tengah haid.

Oleh karenanya, berikut ini merupakan tiga doa untuk memohon mendapatkan kelancaran siklus haid kepada Allah Swt.

1. Doa menstruasi lancar versi pertama

اللّهُمَّ رَ بَّ النَّاسِ أَذهِبِ الب َأسَ اشفِ أَ نتَ الشَّافِ ي لَا شِفَاء َ إِلَّا شِف َاوءُكَ شِفَ اءً لَا يُغَ ادِرُ سَقَمً ا

Allahumma Rabbannasi, adz-hibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifaa-a illa syifa-uka syifa-an la yughadiru saqoman.

Artinya: “Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkan lah, engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit.” (HR. Bukhari)

2. Doa menstruasi lancar versi kedua

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ .الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ. إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ. اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ. صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Bismillahir rahmanir rahim. Alhamdu lillahi rabbil alamin. Ar rahmanir rahim. Maliki yaumid din. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in. Ihdinas siratal mustaqim. Siratal lazina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alihim wa lad dallin.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah jalan yang lurus. (yaitu) Jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

3. Doa menstruasi lancar versi ketiga

 رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Robbi annii massani yadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang." (QS. surat al-Anbiya ayat 84)

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER