Bacaan Doa Berlindung dari Orang Zalim Lengkap Versi Arab, Latin, dan Terjemahannya

4 Mei 2024 18:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang muslim mengamalkan doa berlindung dari orang zalim. (Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Memohon doa perlindungan diri dari orang-orang zalim kepada Allah Swt. adalah bentuk kehati-hatian, meskipun pada hakikatnya kita tidak bermaksud menganggap buruk orang lain.

Sebagai muslim tentunya kita dilarang berbuat zalim, bahkan Allah melarang umatNya untuk melakukan sifat tersebut hal ini lantaran sifat zalim dapat merugikan pelakunya baik di dunia maupun akhirat.

Dalam Al-Qur'an surah Asy-Syura ayat 42, Allah Swt. berfirman bahwa perbuatan zalim akan mengundang azab yang pedih sebagai berikut:

 إِنَّمَا ٱلسَّبِيلُ عَلَى ٱلَّذِينَ يَظْلِمُونَ ٱلنَّاسَ وَيَبْغُونَ فِى ٱلْأَرْضِ بِغَيْرِ ٱلْحَقِّ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Artinya: Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih.

Doa berlindung dari orang zalim yang dibaca Rasulullah saw.

Berdasarkan hadis, Rasulullah saw. pernah mengamalkan doa memohon dijauhkan dari orang-orang zalim sebagai berikut:

اللَّهُمَّ مَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ هَذِهِ أُمَّتِي شَيْئاً فَرَفَقَ بِهِمْ، فَارْفُقْ بِهِ. وَمَنْ شَقَّ عَلَيْهَا فَاشْفُقْ عَلَيْهِ. رواه مسلم

Artinya: "Ya Allah, siapa saja yang memimpin (mengurus) urusan umatku ini, yang kemudian ia menyayangi mereka, maka sayangilah dia. Dan siapa saja yang menyusahkan mereka, maka susahkanlah dia." (HR. Muslim No 1828)

Doa berlindung dari orang zalim surah An-Nisa ayat 75

Selain hadis, surah An-Nisa ayat 75 berikut ini juga bisa diamalkan untuk menjadi doa memohon perlindungan dari orang zalim.

رَبَّنَآ أَخْرِجْنَا مِنْ هَٰذِهِ ٱلْقَرْيَةِ ٱلظَّالِمِ أَهْلُهَا وَٱجْعَل لَّنَا مِن لَّدُنكَ وَلِيًّا وَٱجْعَل لَّنَا مِن لَّدُنكَ نَصِيرًا

Rabbanā akhrijnā min hāżihil-qaryatiẓ-ẓālimi ahluhā, waj'al lanā mil ladungka waliyyā, waj'al lanā mil ladungka naṣīrā.

Artinya: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!".

Doa berlindung dari orang zalim surah Al-A'raf ayat 47

Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 47 berikut juga dapat dijadikan doa memohon perlindungan dari orang-orang zalim:

 ۞ وَإِذَا صُرِفَتْ أَبْصَٰرُهُمْ تِلْقَآءَ أَصْحَٰبِ ٱلنَّارِ قَالُوا۟ رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Wa iżā ṣurifat abṣāruhum tilqā`a aṣ-ḥābin-nāri qālụ rabbanā lā taj'alnā ma'al-qaumiẓ-ẓālimīn.

Artinya: Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang zalim itu".

Doa berlindung dari orang zalim surah Al-Mu'minun ayat 94

Terakhir, surah Al-Mu’minun ayat 94 berikut ini juga dapat diamalkan sebagai doa meminta perlindungan Allah Swt. untuk dijauhkan dari orang zalim:

 رَبِّ فَلَا تَجْعَلْنِى فِى ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Rabbi fa lā taj'alnī fil-qaumiẓ-ẓālimīn.

Artinya: Ya Tuhanku, maka janganlah Engkau jadikan aku berada di antara orang-orang yang zalim".

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR