Doa Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 (Hardiknas)

2 Mei 2024 15:05 WIB

Narasi TV

Logo Hadiknas 2024. (Sumber: Kemdikbud)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan upacara bendera pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 (Hardiknas). 

Salah satu susunan acara dalam peringatan tersebut adalah pembacaan doa upacara bendera Hardiknas 2024.

Diketahui, Hardiknas 2024 jatuh pada Kamis, 2 Mei 2024. Kemdikbud, instansi pusat dan daerah, serta satuan pendidikan atau sekolah akan melaksanakan upacara bendera.

Doa Hardiknas 2024

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Izinkan kami memandu doa menurut agama Islam. Bagi yang beragama lain, kami persilahkan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillahirobbil ‘Alamin Wassholatu wassalamu ‘Ala asyrofil anbiya’i wal Mursalin.

Wa ‘ala Alihi wa shohbihi ajma’in Allahumma inna nas’aluka Bi anna lakal hamdu.

Laailaha llla anta, wahdaka la syarika laka Al Mannan … badi’ussamawati wal Ardhi Yaa dzal dzalali wal ikrom Yaa hayyu ya qoyyum.

Ya Allah ya Rahman ya Rahim…

Di bumi pertiwi tercinta ini, kami memohon.

Di negeri yang kaya dan berbhineka, kami meminta pertolongan.

Di negeri berketuhanan yang Maha Esa, kami mengangkat tangan.

Ya Allah ya qodir ya muqtadir Engkau takdirkan kami. sebagai guru dan tenaga kependidikan yang mendidik anak negeri ini, untuk meraih cita-cita yang tinggi, yang mengedepankan akhlak mulia, menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, dengan karakter profil pelajar Pancasila.

Engkau takdirkan kami. Sebagai masyarakat pendidikan Indonesia yang selalu percaya bahwa pendidikan adalah hak segala bangsa, pendidikan yang berkeadilan, agar semua anak dapat merasakan pembelajaran yang bermakna.

Ya Allah, dzat yang menguasai ilmu. Pada momentum Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 ini, kami ingin anak-anak negeri terus merasakan kemerdekaan, dalam menyelam di lautan ilmu Engkau yang luas, sebagaimana wahyu yang Engkau sampaikan.

Jadikanlah momentum Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 ini sebagai momentum untuk bisa terus bergandeng tangan, Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar, mengoptimalkan semangat para guru membersamai anak didiknya dengan pembelajaran berdiferensiasi yang menyenangkan.

Agar anak-anak kami tumbuh baik budi pekertinya.

Agar anak-anak kami menjaga kearifan lokal bumi Nusantaranya.

Agar anak-anak kami mampu berbicara lantang di kancah global.

Agar anak-anak kami mampu menjadi generasi pembelajar yang sesuai dengan nilai nilai moral dan berpegang teguh pada agama dan keyakinan mereka.

Agar anak-anak kami menjaga kebhinekaan dan rasa saling menghormati dalam bingkai Pancasila.

Rabbana taqabbal Minna innakaa antas sami’ul ‘aliim, watub ‘alaina innaka antat tawwabur rohiim.

Robbighfir warham wa anta khoirur roohimiin Rabbana atina fid dunya Hasanah, wa fil akhiroti Hasanah waqina ‘adzabannar.

Washollallahu ‘ala sayyidina wa Maulana Muhammadin wa ‘ala Alihi wa ashabihi ajma'in, walhamdulillahi robbil ‘alamin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Doa Hardiknas 2024 versi Pemprov Yogyakarta

Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillah rabbil ‘alamin. Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyina Muhammad.

Ya Allah, Ya Rahman, Ya Rahim…

Pada hari ini, kami berkumpul untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2024, menggali hikmah dan melanjutkan cita-cita luhur untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kami bersyukur atas segala nikmat, ilmu, dan kesempatan yang telah Engkau berikan kepada kami untuk terus belajar dan berkembang.

Ya Allah, sumber segala ilmu, pada hari yang berbahagia ini kami memohon kehadiran-Mu dalam setiap langkah kami. Semoga peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar,” Engkau memperkuat tekad kami untuk bergerak bersama memajukan pendidikan di tanah air. Berikanlah kami kekuatan untuk mengatasi segala tantangan dan hambatan dalam mencapai pendidikan yang merdeka, inklusif, dan berkualitas.

Ya Tuhan yang Maha Pengasih, limpahkanlah kepada para pendidik kami kebijaksanaan dan kesabaran. Berikan mereka ilmu yang luas serta hati yang sabar dalam mengajar dan membimbing para siswa kami. Bantulah mereka untuk menjadi inspirasi dan pendorong bagi kami semua dalam menuntut ilmu.

Ya Allah, berilah pemahaman kepada para siswa di seluruh negeri ini agar memiliki semangat belajar yang tinggi dan keinginan yang kuat untuk mencapai keberhasilan. Semoga merdeka belajar bukan hanya menjadi slogan, tetapi menjadi aksi nyata yang membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan.

Ya Allah, kami percaya bahwa hanya dengan ridho-Mu, usaha kami akan membuahkan hasil yang berarti. Oleh karena itu, kami memohon agar Engkau selalu mengarahkan kami pada jalan yang benar, jalan yang Engkau ridhoi, dalam melanjutkan perjuangan merdeka belajar ini. 

Terimalah doa kami, berikanlah berkah dan keberhasilan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini, dan buatlah ini sebagai momentum perubahan yang positif bagi pendidikan di negeri kami.

Rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina ‘adzabannar. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'amma yasifun Wa salamun 'alal mursalin. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR