Doa Masuk Kamar Mandi Sesuai Sunah Rasul Beserta Adabnya

24 Jan 2023 17:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi kamar mandi bergaya modern. (Sumber: Freepik/jannoon028)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Doa masuk kamar mandi dapat membentengi diri dari setan yang bersarang di toilet. Selain berdoa, memasuki kamar mandi juga memiliki adab yang sebaiknya dilakukan seorang muslim.

Dalam agama Islam, segala aktivitas diharuskan untuk dimulai dan diakhiri dengan berdoa atas nama Allah SWT, tak terkecuali masuk kamar mandi.

Keutamaan berdoa ketika masuk kamar mandi dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ibnu Sunni berikut ini.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله (صلى الله عليه وسلم) نعم البيت الحمام يدخله المسلم، إذا دخله سأل الله عز وجل الجنة واستعاذه من النار

Artinya: “Dari sahabat Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik ruangan adalah kamar mandi yang dimasuki oleh seorang muslim yang ketika memasukinya memohon surga kepada Allah dan meminta perlindungan diri kepada-Nya dari siksa neraka,’” (HR Ibnu Sunni).

Doa masuk kamar mandi

Berikut ini adalah doa yang dapat dibaca sebelum masuk ke kamar mandi:

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللّٰهُمّ إِنِّي أَسْئَلُكَ الجَنَّةَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Bismillāhirraḥmānirrahīm. Allāhumma innī as’alukal jannah, wa a‘ūżu bika minan nār.

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Ya Allah, aku memohon surga kepada-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka."

Doa masuk kamar mandi sunah Nabi SAW

Doa masuk kamar mandi ini termasuk ke dalam sunah Nabi yang disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari berikut.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya: "Anas bin Malik RA. menuturkan, jika Rasulullah SAW hendak masuk toilet, beliau berdoa, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaits” (ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan)," (HR. Bukhari).

Adab masuk kamar mandi

Selain melantunkan doa, masuk kedalam kamar mandi juga memiliki adabnya, berikut adalah tujuh adab masuk kamar mandi yang perlu diketahui oleh umat Islam:

  • Membaca doa sebelum masuk kamar mandi,
  • Dahulukan kaki kiri: alasannya karena kamar mandi adalah tempat yang kotor, manusia masuk dalam keadaan kotor, sehingga kaki kiri dianggap melambangkan kekotoran ,
  • Tidak berlama-lama di dalam kamar mandi, alasannya kamar mandi sering digambarkan sebagai tempat syaitan. Sehingga sebaiknya kamu tidak perlu berlama-lama di kamar mandi,
  • Jangan menghadap atau membelakangi arah kiblat,
  • Tidak melakukan istinja dengan tangan kanan,
  • Tidak bersuara apalagi menyanyi,
  • Membaca doa saat keluar.

Itulah doa dan adab seorang muslim ketika hendak ke kamar mandi. Melafalkan doa tersebut merupakan salah satu upaya manusia untuk terhindar dari siksa neraka.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER