Bacaan Doa Pengusir Jin dan Setan Lengkap dengan Lafal Arab, Latin dan Terjemahannya

20 Dec 2023 18:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi gangguan jin dan setan. (Sumber: Freepik/ijeab)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Bagi umat muslim, membaca doa merupakan salah satu ikhtiar untuk mengusir jin dan setan yang mengganggu.

Dalam Islam, jin dan setan merupakan makhluk Allah Swt. yang sering mengganggu manusia. 

Gangguan jin dan setan dipercaya tidak akan berhenti menggoda manusia agar berbuat maksiat hingga akhir zaman atau tiba hari kiamat kelak.

Rasulullah saw. sendiri mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa berdoa agar terhindar dari gangguan jin dan setan yang tak ada habisnya tersebut.

Melansir NU Online, terdapat sebuah riwayat hadis yang menjelaskan bagaimana Rasulullah saw. menggunakan doa untuk menghadapi gangguan jin.

Dalam kisah yang diriwayatkan Ibnu Mas’ud, suatu ketika di malam hari Rasulullah saw. didatangi oleh jin ifrit.

Jin tersebut diceritakan mendatangi Rasulullah sembari membawa obor api.Nabi pun kemudian membaca ayat-ayat Al-Qur’an, namun bukannya menjauh jin tersebut malah semakin mendekat.

Tidak lama datanglah malaikat Jibril yang menawarkan bantuan kepada Nabi Muhammad saw. dengan membaca doa-doa berikut ini.

Doa pengusir jin dan setan berdasarkan ajaran Rasulullah SAW

أَعُوذُ بِوَجْهِ اللَّهِ الْكَرِيمِ، وَبِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ الَّتِي لَا يُجَاوِزُهُنَّ بَرٌّ وَلَا فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيهَا. وَمِنْ شَرِّ مَا ذَرَأَ فِي الْأَرْضِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا، وَمِنْ شَرِّ فِتَنِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، وَمِنْ شَرِّ طَوَارِقِ اللَّيْلِ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ طَارِقٍ إِلَّا طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمَنُ.

A‘ûdzu biwajhillâhil karîm, wabikalimâtillâhit-tâmmâtil-latî lâ yujâwizuhunnâ barrun wa fâjirun, min syarri mâ yanzilu minas-samâ’i, wa min syarri ma ya‘ruju fîhâ, wa min syarri mâ dzara’a fil-ardhi, wamin syarri ma yakhruju minhâ, wa min syarri fitanil-laili wan-nahâri, wamin syarri thawâriqil-laili, wamin syarri kulli thârinin illâ thâriqan yathruqu bi khairin, yâ rahmân.

Artinya: “Aku berlindung dengan dzat Allah yang maha mulia, dengan kalimat-kalimat-Nya yang sempurna, yang tidak ada orang baik dan juga orang durhaka yang melampuainya, dari keburukan yang turun dari langit dan keburukan apa pun yang naik ke langit; dari keburukan apa saja yang masuk ke bumi dan keburukan apa saja yang keluar dari bumi; dari keburukan fitnah-fitnah siang dan malam; dari keburukan petaka-petaka malam; dari keburukan setiap petaka yang datang, kecuali petaka yang datang membawa kebaikan, wahai Zat yang maha penyayang.”

Doa pengusir jin dan setan dari bisikannya

رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزٰتِ الشَّيْطِيْنِ ، وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونَ

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku."

Doa pengusir jin dan setan serta sekutunya

اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، عَالِمَ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي وَشَرِالشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ.

Allaahumma faathiras samawaati wal ardhi, 'aalimal ghaibi was syahaadah, rabba kulli syai'in wa maliikah, asyhadu an laa ilaaha illaa anta. A'uudzu bika min syarri nafsii wa syarris syathaani wa syirkih.

Artinya: "Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang gaib dan nyata, Tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan, dan sekutunya." (HR Abu Dawud dan At-Timidzi)

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER