Lafal Doa Puasa Hari Ke-11 dan 12 Ramadhan Lengkap dengan Keutamaannya

3 April 2023 17:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang muslim berdoa di hari ke 11 dan 12 bulan puasa Ramadan. (Sumber: Pexels/RODNAE Productions)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan, sebagai umat muslim dianjurkan untuk banyak membaca doa. Adapun doa yang bisa dibaca adalah doa puasa hari ke-11 dan 12.

Kedua doa tersebut bisa dibaca pada pagi hari setelah subuh sampai memasuki waktu berbuka atau Magrib, doa sendiri merupakan sebuah permohonan dari seorang hamba kepada Allah Swt agar diberikan perlindungan dan keberkahan hidup.

Doa hari ke-11 puasa Ramadhan

Berikut ini adalah doa yang dapat dilafalkan ketika melaksanakan puasa hari ke-11 di bulan Ramadan:

اَللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيَّ فِيْهِ الْإِحْسَانَ وَ كَرِّهْ إِلَيَّ فِيْهِ الْفُسُوْقَ وَ الْعِصْيَانَ وَ حَرِّمْ عَلَيَّ فِيْهِ السَّخَطَ وَ النِّيْرَانَ

بِعَوْنِكَ يَا غِيَاثَ الْمُسْتَغِيْثِيْنَ

Allâhumma habbib ilayya fîhil ihsan wa karrih fîhil fusûq wal 'isyân wa harrim 'alayya fîhis sakhatha wannîrân bi'aunika yâ ghiyâtsal mustaghîtsîn.

Artinya, “Ya Allah, mohon tanamkanlah ke dalam diriku kecintaan kepada perbuatan baik dan tanamkanlah ke dalam diriku kebencian terhadap kemaksiatan dan kefasikan. Mohon jauhkanlah dariku kemurkaan-Mu dan api neraka dengan pertolongan-Mu, wahai Penolong orang-orang yang meminta pertolongan.”

Doa hari ke-12 puasa Ramadhan

Berikut ini adalah doa yang dapat dilafalkan ketika melaksanakan puasa hari ke-12 bulan Ramadan:

اَللَّهُمَّ زَيِّنِّيْ فِيْهِ بِالسِّتْرِ وَ الْعَفَافِ وَ اسْتُرْنِيْ فِيْهِ بِلِبَاسِ الْقُنُوْعِ وَ الْكَفَافِ وَ احْمِلْنِيْ فِيْهِ عَلَى الْعَدْلِ

وَالإِنْصَافِ وَ آمِنِّيْ فِيْهِ مِنْ كُلِّ مَا أَخَافُ بِعِصْمَتِكَ يَا عِصْمَةَ الْخَائِفِيْنَ

Allâhumma zayyinî fîhi bissitri wal 'afâf wasturnî fîhi bilibâsil qunû'i wal kafâf wahmilnî fîhi 'alal 'adli wal inshâf wa Wa âminnî fîhi min kulli mâ akhâfu bi'ismatika ya 'ismatal khâifîn.

Artinya, “Ya Allah, mohon hiasilah aku di bulan ini dengan penutup aib dan kesucian. Tutupilah diriku dengan pakaian kecukupan dan kerelaan diri. Tuntunlah aku untuk senantiasa bersikap adil dan taat. Selamatkanlah aku dari segala sesuatu yang aku takuti. Dengan perlindungan-Mu, wahai tempat bernaung bagi mereka yang ketakutan.”

Keutamaan puasa hari ke-11 dan 12 Ramadhan

Keutamaan puasa ke-11 adalah Allah Swt akan mencatat pahala yang begitu besar, yakni seperti pahala empat kali orang yang menjalankan haji dan umroh.

Sementara keutamaan puasa hari ke-12 Ramadan, Allah Swt akan menjanjikan bagi umat-Nya keimanan yang dapat mengubah semua keburukan menjadi kebaikan.

Selain keimanan tersebut, keutamaan puasa di hari ke-12 Ramadan juga akan dicatatnya satu kebaikan sebagaimana halnya 1.000 kebaikan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR