Ingin Daftar Beasiswa LPDP 2024? Persiapkan Dokumen Berikut dari Sekarang

21 November 2023 11:11 WIB

Narasi TV

Logo LPDP. Sumber: kemenkeu.go.id.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 memang belum dibuka, tetapi kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Selagi masih ada waktu, kamu bisa menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk daftar beasiswa LPDP.

LPDP adalah lembaga pengelola dana abadi untuk beasiswa yang berada di bawah pengawasan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Program beasiswa ini memungkinkan seseorang melanjutkan pendidikan Magister (S2) atau Doktor (S3) di dalam maupun luar negeri.

Ada dua jenis bantuan biaya yang ditawarkan LPDP. Bantuan ini adalah biaya pendidikan seperti pendaftaran, SPP, tunjangan buku, biaya penelitian, tesis/disertasi, seminar internasional, dan jurnal internasional.

Sementara untuk bantuan biaya pendukung mencakup transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, biaya keadaan darurat, dan tunjangan keluarga (khusus Doktor).

Jika menilik dari pengalaman sebelumnya, LPDP 2024 akan dibuka pada bulan Januari. Oleh karena itu, kamu bisa menyiapkan dokumen yang diperlukan dari sekarang agar tak tergesa-gesa. Apa saja dokumen untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024?

Dokumen beasiswa LPDP 2024

Berikut dokumen yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar beasiswa LPDP 2024:

    • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Kartu Keluarga
    • Pas foto terbaru
    • Surat keterangan sehat
    • Surat rekomendasi dari akademisi atau tokoh masyarakat
    • Surat usulan mengikuti seleksi beasiswa LPDP bagi yang berasal dari kalangan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), PNS, TNI, atau Polri.
    • Letter of Acceptance (LoA)
    • Esai komitmen kembali ke Indonesia bagi yang ingin mendaftar beasiswa LPDP ke luar negeri
    • Ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisasi
    • Sertifikat bahasa (skor IELTS dan TOEFL) dengan skor minimal sebagai berikut: Program Magister Dalam Negeri: TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0, program Magister Luar Negeri: TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6,5, program Doktor Dalam Negeri: TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0, program Doktor Luar Negeri: TOEFL iBT 94, PTE Academic 65, atau IELTS 7,0.

Informasi selengkapnya bisa kamu cek melalui situs https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Kamu bisa mulai menyicil membuat akun sebelum digunakan untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR