Dosen UII Hilang Usai Kunjungi Norwegia, Hingga Kini Belum Kembali

20 Feb 2023 14:02 WIB

thumbnail-article

Foto Ahmad Munasir Rafie Pratama. (Sumber: Universitas Islam Indonesia)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie Pratama, dikabarkan hilang setelah mengikuti serangkaian mobilitas global di University of South Eastern Norway (USN) Norwegia.

Kasus hilangnya Ahmad Rafie kini telah dilaporkan pihak keluarga ke Polda DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Hingga kini polisi, keluarga, dan pihak kampus masih berupaya untuk mencari tahu keberadaan Ahmad Rafie.

Sebelum dilaporkan hilang, Ahmad Rafie sempat mengirimkan pesan kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang, sesaat sebelum ia menaiki pesawat ke Istanbul turki, “Menunggu boarding,” bunyi isi pesan terakhirnya.

Kronologi hilangnya dosen UII

Ahmad Rafie, bersama empat orang rombongan dari UII, mengunjungi USN selama sepekan sejak 5 Februari 2023. Rektor UII, Fathul Wahid, ada dalam rombongan tersebut.

Rombongan tersebut dijadwalkan meninggalkan Norwegia pada 12 Februari 2023 melalui Bandara Oslo. Rombongan UII dibagi menjadi tiga kelompok.

Ahmad Rafie mendapat jadwal penerbangan melalui Riyadh, Arab Saudi dan Istanbul, Turki. Namun Ahmad Rafie tidak membagikan informasi penerbangan secara detail kepada rekannya dari Indonesia dan juga keluarganya.

Jika melihat dari jadwal penerbangan, seharusnya Ahmad Rafie sudah tiba di Jakarta pada 16 Februari 2023 pukul 18.00 WIB. 

Adik Ahmad Rafie kemudian menunggunya di pintu kedatangan pada tanggal tersebut, namun sang kakak tidak pulang.

Setelah dikonfirmasi ke pihak Angkasa Pura, nama Ahmad Rafie diketahui tidak ada dalam daftar penerbangan yang mendarat hari itu.

Sejak berita kehilangan ini ditulis, pihak UII sudah berupaya menghubungi dan mencari tahu keberadaan Ahmad Rafie, namun belum membuahkan hasil.

"Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk emai, diupayakan, tetapi belum satupun yang direspons," tulis pihak UII di situs website UII.

Selain itu pihak UII sudah berupaya menghubungi berbagai pihak seperti pihak KBRI di Norwegia dan Turki, serta panitia konferensi yang memesankan tiket.

Pihak UII juga telah melakukan kontak dengan Turki Airline di Oslo untuk memastikan Ahmad Rafie telah menaiki pesawat.

Terbaru, aktivitas daring Ahmad Rafie tercatat terpancar dari Turki pada 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.00 dan 08.00 waktu setempat.

Profil Ahmad Rafie

Melasir laman UII, Ahmad Rafie diketahui merupakan seorang dosen Jurusan Teknik Informatika UII. Ia tercatat sebagai asisten profesor sekaligus menjabat sekretaris jurusan.

Pria kelahiran Banjarmasin, 3 Maret tahun 1986 ini merupakan lulusan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Setelah lulus dari UGM, ia melanjutkan studi di Monash University, Australia dan meraih gelar Master of Information Technology pada 2011.

Ahmad Rafie kemudian melanjutkan pendidikan doktoralnya di Universitas Stony Brook, New York, Amerika Serikat tahun 2019. 

Ia tercatat sebagai peraih beasiswa Fulbright sembari mengambil beberapa mata kuliah di Universitas New York dan Teachers College, Universitas Columbia.

UII mengimbau pihak yang memiliki informasi terkait keberadaan Ahmad Rafie untuk menghubungi nomor WhatsApp Humas UII di 082131737773.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER