Sering Dikonsumsi Orang Jepang, Berikut Fakta dan Manfaat Ikan Shisamo

15 Jul 2024 14:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi ikan shisamo yang digoreng. Sumber: Sutterstock.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Apakah kamu pernah mendengar ikan shisamo? Ikan ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan ikan asin biasa. Ikan shisamo sering dikonsumsi oleh masyarakat Jepang karena memiliki berbagai manfaat. Berikut beberapa fakta ikan shisamo.

Ikan shisamo atau sering disebut juga dengan ikan willow dan ikan capelin memiliki nama latin spirinchus lanceolatus. Jenis ikan ini banyak ditemukan di Hokkaido, Jepang Utara. Hampir semua restoran di Jepang menjual olahan ikan shisamo.

Biasanya orang Jepang mengonsumsi ikan shisamo dengan cara dipanggang atau digoreng. Kandungan fosfor, selenium, mangan, dan asam lemak omega-3 dalam ikan shisamo sangat baik untuk tubuh. Bahkan, ikan shisamo juga cocok bagi orang yang sedang diet karena kalori dan lemak jenuhnya yang tergolong rendah.

Untuk lebih kenal dengan ikan shisamo, berikut beberapa fakta dan manfaat mengonsumsi ikan shisamo.

Fakta ikan shisamo

  • Hidup di Laut Atlantik

Ikan shisamo (capelin atau willow) hidup di Laut Atlantik dan laut yang dalam. Bentuknya mirip seperti ikan kaca piring, tetapi dagingnya tidak bening transparan. Panjang ikan shisamo sekitar 10-15 cm dengan tubuh yang ramping dan berwarna perak mengkilap.

  • Rendah merkuri

Meski hidup di laut lepas, tetapi ikan shisamo memiliki kadar merkuri yang rendah. Hal tersebut dikarenakan organ dan jaringan ototnya yang lebih kecil. Sebagai informasi, makhluk hidup akuatik memang rentan tercemar merkuri. Jika dikonsumsi berlebihan, merkuri sangat berbahaya bagi tubuh.

  • Tubuhnya berisi telur

Ikan shisamo betina memiliki telur di hampir sebagian tubuhnya. Telur ini mengandung selenium atau mineral yang baik untuk tubuh. Selenium mampu mengurangi stress oksidatif dan menjaga sistem imunitas tubuh.

  • Kandungan Omega-3 lebih tinggi dari salmon

Ikan shisamo memiliki kandungan Omega-3 1,2 gram lebih tinggi. daripada salmon. Selain itu, ikan shisamo juga memiliki kandungan lain seperti kalsium, mineral, serta vitamin A dan C.

  • Aman dikonsumsi perempuan yang sedang hamil

Kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk tubuh membuat ikan shisamo pun baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk perkembangan janinnya. Pengolahan ikan shisamo pun relatif mudah. Bisa dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng.

  • Harganya mahal

Oleh karena manfaatnya yang sangat baik untuk tubuh, tak heran jika ikan shisamo dijual dengan harga yang mahal. Ikan ini jarang dijual dalam keadaan segar, melainkan beku. Ikan shisamo dapat ditemui di swalayan besar atau toko bahan makanan Jepang atau Korea.

Saat membeli ikan shisamo, pilih yang bagian perutnya menggembung berisi telur. Perhatikan juga kondisi badannya yang mulus dan tidak ada tanda-tanda rusak.

Manfaat ikan shisamo

Berikut manfaat mengonsumsi ikan shisamo:

  • Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin B dalam ikan shisamo sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan metabolisme tubuh. Kandungan Omega-3 juga mampu meredakan peradangan kulit dan mencegah penuaan dini.

  • Mencegah rambut rusak

Ikan shisamo juga mengandung mineral dan vitamin penting yang berguna menjaga rambut agar tetap sehat. Selain itu, minyak alami dan asam lemak Omega-3 dalam ikan shisamo juga mampu meningkatkan kilau rambut dan mencegah ketombe.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Kandungan magnesium dalam ikan shisamo mampu mengubah triptofan menjadi serotonin. Hormon tersebut dapat membuat tubuh lebih rileks dan mempercepat rasa kantuk.

  • Mencegah osteoporosis

Ikan shisamo mengandung seng, besi, kalsium, fosfor, dan mangan yang bagus untuk kepadatan tulang. Tak heran jika ikan shisamo mampu mencegah osteoporosis jika dikonsumsi oleh orang dewasa.

  • Mencegah penyakit jantung

Lemak jenuh dan kolesterol pada ikan shisamo sangat rendah sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER