Fakta Menarik KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

11 Sep 2023 15:09 WIB

thumbnail-article

Presiden Joko Widodo memimpin jalannya KTT ASEAN-Kanada di Jakarta, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Akbar Nugroho Gumay/hp

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

KTT Asean ke-43 berlangsung di Jakarta pada 5 sampai 7 September 2023 sukses digelar. Terdapat beberapa fakta menarik KTT ke-43 ASEAN yang perlu diketahui publik.

ASEAN sendiri merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara).

Organisasi ini dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok oleh wakil lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand menandatangani Deklarasi Bangkok (Deklarasi ASEAN).

Saat ini terdapat 10 negara yang menjadi anggota ASEAN, di antaranya Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Pada November 2022, dan Timor-Leste diterima secara prinsip menjadi anggota ke-11 ASEAN.

Setelah tahun lalu Indonesia sukses menyelenggarakan KTT ke-42 ASEAN  di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Tahun ini Indonesia juga memimpin KTT ke-43 ASEAN yang diselenggarakan di Jakarta.

Fakta menarik KTT ke-43 ASEAN di Jakarta

Berikut adalah deretan fakta menarik KTT ke-43 ASEAN yang dilansir dari buku ASEANpedia terbitan Kominfo.

1. Mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum Of Growth”

KTT ASEAN ke-43 yang di pimpin oleh Indonesia ini mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum Of Growth”.

Tema tersebut memiliki makna bahwa Indonesia ingin ASEAN menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan tumbuh secara relevan. 

Dalam tema besar yang dipilih ternyata ada dua elemen penting dalam tema yang diambil.

Pertama, ASEAN Matters yang memiliki tiga elemen penting dalam makna tema, yaitu penguatan terhadap kapasitas dan efektivitas ASEAN, persatuan ASEAN, dan sentralitas ASEAN.

Kemudian elemen kedua adalah “Epicentrum of Growth” yang memiliki 4 elemen penting dalam makna tema, yaitu arsitektur kesehatan, ketahanan energi, ketahanan pangan, dan stabilitas keuangan.

2. Tak hanya dihadiri negara ASEAN

Terlihat beberapa negara mitra yang turut hadir dalam gelaran KTT ke-43 ASEAN kali ini, yakni Australia, Amerika Serikat (AS), Jepang, India, Korea Selatan (Korsel), Rusia, Kanada, Selandia Baru, dan Tiongkok.

Tak hanya negara mitra, turut hadir pula negara yang khusus diundang, yakni Bangladesh dan Kepulauan Cook.

Perwakilan beberapa organisasi internasional juga turut hadir dalam KTT  ke 43 ASEAN ini, yakni World Bank, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), World Economic Forum, International Monetary Fund (IMF), Indian Ocean Rim Association (IORA), dan Pacific Island Forum (PIF).

3. Artis K-pop Choi Siwon menjadi pembicara di KTT ASEAN

Hal menarik lain adalah kehadiran Choi Siwon sebagai Duta Besar Regional untuk UNICEF Asia Timur & Pasifik. 

Ia hadir sebagai pembicara dalam sesi ASEAN Business & Investment Summit 2023 yang merupakan rangkaian dari KTT ASEAN.

Siwon mengajak para pemimpin negara di ASEAN untuk memperhatikan isu tentang anak, mulai dari tumbuh kembang anak, fasilitas pendidikan yang memadai, dan tidak kalah penting Siwon mengajak para pemimpin negara untuk memberi rasa aman pada anak dari dampak perubahan iklim.

Dalam rangkaian acara tersebut, Choi Siwon juga sempat menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER