Galaxy A14 5G, Smartphone Pertama Samsung di Awal Tahun 2023

21 Jan 2023 15:01 WIB

thumbnail-article

Foto Samsung Galaxy A14 5 G yang diririlis awal tahun 2023. (Sumber: Samsung.com)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Samsung memulai tahun 2023 dengan merilis smartphone Samsung Galaxy A14 5G. Untuk versi Indonesia, Samsung Galaxy A14 dibekali prosesor octa core dengan chipset Mediatek Dimensity 700. 

Smartphone ini diplot menjadi smartphone termurah Samsung yang rilis tahun 2023 sekaligus menjadi Smartphone 5G termurah dari Samsung.

Dilansir dari website resmi Samsung Indonesia, harga yang dibanderol untuk Galaxy A14 5G mulai dari Rp2.899.000. 

Hal tersebut sedikit unik karena terlihat dari penamaan seri Galaxy A yang merupakan seri smartphone entry level Samsung, banderol harga smartphone ini dapat dikategorikan sebagai smartphone mid-range.

Box atau kardus Samsung Galaxy A14 5G cukup tipis. Aksesoris yang disertakan dalam kardus adalah kabel type C to type C dan SIM Card ejector. Sedangkan kepala charger berada di dus terpisah.

Desain Samsung Galaxy A14 5G

Samsung Galaxy A14 memiliki layar 6.6 inci PLS LCD dengan refresh rate sebesar 90 Hz dan resolusi 1080x2408p. Desain layar Galaxy A14 5G ini adalah dengan infinity v display dengan notch kecil di bagian atas untuk kamera depan. 

Jika dilihat, Samsung Galaxy A14 5G memiliki desain ala smartphone entry level dimana bezel di sekeliling layar terlihat tebal. Galaxy A14 5G juga memiliki body yang cukup tebal yaitu 9 milimeter dengan berat sekitar 200 gram.

Smartphone ini dibekali dengan triple camera yang terletak di belakang, tepatnya di sisi kanan atas. Tiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 megapixel, 2 megapixel macro, dan 2 megapixel dengan LED flash.

Spesifikasi kamera tersebut diklaim mampu merekam video dengan resolusi 1080p/30fps.

Di bagian sisi terdapat sensor fingerprint, power, dan tombol volume. Di sisi seberangnya terdapat SIM tray yang support untuk dua SIM Card dan satu kartu memori. Di sisi bawah terdapat speaker dan port usb type C, sedangkan di bagian atas terdapat jack audio 3.5mm. 

Smartphone ini juga memiliki dua mikrofon yang terletak di bagian atas dan bawah sehingga mampu menghasilkan kualitas rekaman suara yang lebih baik.

Terdapat tiga pilihan warna yang diberikan kepada calon pembeli Galaxy A14 5G yaitu black, dark red, dan silver. 

Ketiga pilihan warna ini mirip dengan smartphone flagship Samsung sehingga memberi kesan mewah bagi Galaxy A14 5G dengan bahan back case dari plastik polycarbonat.

Spesifikasi mesin

Samsung Galaxy A14 5G boleh menyandang nama dengan seri entry level. Namun, jika dilihat dari spesifikasinya, Galaxy A14 5G memiliki kualitas smartphone mid-range. Hal ini dikarenakan untuk mendukung 5G diperlukan spesifikasi yang baik.

Galaxy A14 5G yang dirilis di Indonesia memiliki RAM sebesar 6GB dipadukan dengan prosesor octa-core chipset Mediatek Dimensity 700.

Smartphone ini juga dibekali dengan memori internal dengan kapasitas mencapai 128 GB dan dukungan MicroSD hingga 1 TB. 

Baterai yang disematkan adalah baterai berkapasitas 5000 MAh dengan fitur fast charging 15 watt. Perangkat lunak yang disematkan di smartphone ini adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka atau UI OneUI 5.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER