3 Game Matematika yang Bisa Dijadikan Alternatif Efektifkan Pembelajaran

3 Maret 2023 17:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi belajar matematika dengan menyenangkan. (Sumber: Freepik/pch.vector)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Banyak orang mungkin tidak merasa tertarik dengan pelajaran matematika. Meski demikian, sebenarnya matematika bisa menjadi pelajaran yang menarik seperti pelajaran-pelajaran lainnya, terutama jika didukung oleh alat pembelajaran yang tepat. 

Game interaktif yang menyenangkan bisa menjadi alat pembelajaran yang sangat baik. 

Game tidak hanya dapat mempercepat proses pembelajaran, tetapi juga membantu meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam.

Melalui game yang dirancang untuk pembelajaran, kamu bisa memperoleh pemahaman dasar, meningkatkan keterampilan, dan mempelajari hal-hal baru. 

Selain itu, kamu juga akan lebih terlibat dengan materi pelajaran lewat cara-cara yang menyenangkan. 

Rekomendasi game matematika

Saat ini, terdapat banyak sekali game matematika yang tersedia, namun game mana yang sebaiknya dipilih? 

Berikut ini adalah daftar tiga game matematika yang menyenangkan dan dapat membantumu menjadi lebih pintar.

1. DoodleMaths

DoodleMaths adalah sebuah game pembelajaran cerdas yang memungkinkan penggunanya untuk mempelajari banyak konsep penting dari mata pelajaran matematika dalam kecepatan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. 

Game ini didukung oleh algoritma adaptif yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

Hanya dengan memasukkan usia dan menjawab beberapa pertanyaan matematika, pengguna siap untuk bermain.

Dalam game ini, kurikulum matematika akan secara otomatis disesuaikan berdasarkan umpan balik dari pengguna, dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. 

Tantangan dan pertanyaan harian akan membuat pengguna tetap tertarik serta memberikan kesempatan untuk belajar. Dengan demikian, DoodleMaths adalah game pembelajaran matematika yang sangat direkomendasikan untuk dimainkan.

2. Math Blaster

Math Blaster adalah game pembelajaran matematika online yang sangat populer di seluruh dunia. 

Kamu akan memulai permainan sebagai rekrutan baru di Akademi Blaster dan siap untuk memulai misi luar angkasa. 

Selama misi, kamu akan dihadapkan pada berbagai masalah matematika yang hanya bisa diatasi dengan menerapkan pengetahuanmu tentang matematika.

Tujuan utama dari game ini adalah mendorong kamu untuk mengatasi tantangan dan meningkatkan keterampilan matematika dengan cara yang lebih menyenangkan. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kredit setelah menyelesaikan persamaan matematika.

Seiring dengan meningkatnya keterampilan matematika, kamu akan menghadapi tantangan yang semakin sulit. Tingkat kesulitan dalam gim ini meningkat dari tingkat TK hingga kelas delapan. 

Setiap level dalam game ini difokuskan pada beberapa konsep matematika tertentu, sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan matematika secara khusus. Dengan demikian, game ini dapat menjadi program pembelajaran tambahan yang sangat baik.

3. Prodigy Math Game

Prodigy Math Game adalah game multi-platform gratis yang dirancang khusus untuk anak-anak dalam mempelajari prinsip dasar matematika. 

Game ini dapat digunakan dengan efektif oleh para guru untuk memantau kemajuan individu siswa secara real-time.

Dalam game ini, terdapat lebih dari 900 keterampilan matematika yang diajarkan dengan cara yang menyenangkan dan menarik. 

Game ini juga memiliki alat penilaian otomatis yang menempatkan setiap siswa ke dalam kelas dari 1 hingga 8, yang meliputi topik matematika tertentu. 

Oleh karena itu, Prodigy Math Game dapat membantu guru untuk memperhatikan dan menilai kemajuan siswa dengan lebih baik.

Itulah tiga game matematika yang bisa jadi alternatif penunjang pembelajaran matematika. Belajar matematika tidak harus dengan cara yang membosankan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR