Catat, Berikut 4 Rekomendasi Aplikasi Presensi Online Buat Android

26 Jan 2023 10:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi orang yang menggunakan aplikasi presensi online, Hadirr. Sumber: hadirr.com.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kebijakan bekerja dari rumah (work from home) yang diterapkan oleh perusahaan pada masa pandemi Covid-19 mendorong para pengembang teknologi berlomba menciptakan platform daring yang dapat mendukung kegiatan WFH. 

Beragam aplikasi kemudian muncul seperti video meeting Zoom yang naik daun pada awal pandemi Covid-19. Inilah yang mendasari betapa pentingnya aplikasi presensi secara daring untuk mencatat kehadiran karyawan.

Kebutuhan tersebut kemudian direspons dengan munculnya beragam aplikasi online yang mudah digunakan, bahkan mendukung perangkat smartphone android. Berikut rekomendasi aplikasi presensi online berbasis android:

  • Jojonomic

Jojonomic adalah aplikasi presensi online yang sudah dikembangkan sejak tahun 2014 dan menjadi salah satu aplikasi HRIS (Human Resources Information Center) andalan para HRD. Aplikasi ini telah didownload sebanyak 10.000 kali di Google Playstore dan mendapat rating 4.6.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur Jojo Expense untuk reimbursement online, Jojo Payroll untuk penggajian online, Jojo Times untuk presensi online, serta beberapa fitur lain untuk memonitor aktivitas karyawan, mengatur waktu kerja dan lembur, serta mengintegrasikan sistem penggajian.

  • Hadirr

Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2017 dan memperkenalkan fitur presensi berbasis GPS dan facial recognition atau deteksi wajah. Aplikasi ini juga bisa menentukan apakah presensi harus dilakukan di kantor atau di mana saja. Fitur face recognition juga dapat digunakan untuk menghindari kecurangan saat check in dan check out kantor. Aplikasi ini mencatat absensi secara real time dan bisa mencatat jam lembur dengan akurat.

  • Absenku

Aplikasi ini adalah salah satu pemain baru di sektor aplikasi HRIS. Aplikasi ini juga memanfaatkan GPS untuk check in dan check out. Aplikasi Absenku dapat mengatasi kerumitan laporan aktivitas karyawan, informasi dan slip gaji, serta kehadiran. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 10.000 kali dan hanya menggunakan satu aplikasi untuk manajemen dan karyawan.

Aplikasi ini dapat dicoba dengan gratis selama 30 hari dengan mendaftar di websitenya. Selanjutnya jika ingin menggunakan harganya cukup murah yaitu 7.000 rupiah per karyawan.

  • Talenta

Aplikasi Talenta adalah aplikasi dengan jumlah download terbanyak di daftar ini, yaitu menembus angka 50.000 kali download. Sama seperti Absenku, aplikasi ini tersedia bagi karyawan sekaligus manajemen.

Fitur yang disediakan cukup lengkap yaitu GPS, manajemen payroll, dan dilengkapi dengan cloud base database untuk menyimpan database karyawan. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur live chat dan tentu saja fitur absensi online secara real time. Aplikasi ini juga menyediakan uji coba gratis kepada calon penggunanya.

Demikian penjelasan tentang empat aplikasi pencatat kehadiran atau presensi karyawan yang semakin memudahkan kerja profesional saat ini. Semoga bermanfaat.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER