Ganjar Diperintah PDI Perjuangan untuk Tolak Israel di Piala Dunia U-20? I Mata Najwa

4 April 2023 17:04 WIB

Narasi TV

Ganjar Pranowo ketika menjawab pertanyaan terkait penolakannya atas Israel dalam Piala Dunia U-20 dalam acara Mata Najwa.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Polemik mengenai FIFA yang membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 masih hangat diperbincangkan di kalangan publik.

Terbaru, Ganjar Pranowo melakukan wawancara eksklusif dalam acara Mata Najwa membahas perihal penolakan dirinya atas keikutsertaan Israel yang disebut-sebut menjadi salah satu penyebab Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya, pada Maret lalu, Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster menyampaikan penolakan atas keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20.

Keduanya, sama-sama kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dalam acara Mata Najwa tersebut, Najwa Shihab mencecar Gubernur Jawa Tengah dengan berbagai macam pertanyaan, salah satunya terkait apakah penolakan dirinya atas Israel di Piala Dunia U-20 merupakan perintah dari PDIP, dalam hal ini Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum partai.

Menjawab pertanyaan tersebut, Ganjar Pranowo mengaku jika dirinya tidak pernah bertemu dengan Megawati untuk membahas penolakan atas tim Israel di Piala Dunia U-20.

Hanya saja Gubernur Jateng itu menggaris bawahi jika sebagai kader partai dirinya memiliki persamaan keputusan dan pemikiran dengan partai.

“Saya tidak pernah bertemu Ibu Mega pada soal ini, tapi rasa-rasanya kalau saya mengikut dari media, bagaimana Sekjen [PDIP] juga menyampaikan, saya kira punya persamaan keputusan dan pemikiran pada soal ini,” ujar Ganjar Pranowo.

Akan tetapi, Ganjar tidak menampik bahwa penolakan tersebut menjadi salah satu caranya menunjukkan kesetiaannya pada partai.

"Setidaknya iya," kata Gubernur Jateng tersebut ketika ditanya apakah penolakannya jadi salah satu cara membuktikan loyalitas ke PDIP.

Lebih lanjut Ganjar mengklaim jika dirinya mengetahui terkait adanya penolakan atas tim Israel 20 sudah dikumandangkan sejak jauh-jauh hari sebelum munculnya surat penolakan dari Gubernur Bali I Wayan Koster.

Namun karena tidak adanya respons dari pemerintah dan pihak penyelenggara, akhirnya Ganjar memutuskan untuk mengeluarkan pernyataan publik tentang penolakan dirinya atas tim Israel di Piala Dunia.

“Tapi ketika kemudian rasanya tidak ada progres, maka namanya sebagai kader partai kemudian semua bersuara,” imbuh Ganjar.

Video eksklusif Ganjar Pranowo dan Najwa Shihab terkait Piala Dunia U-20 dapat disaksikan pada tautan berikut ini:

Eksklusif: Ganjar Pranowo dan Piala Dunia | Mata Najwa.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR