RESMI: Ganjar Pranowo Menjadi Capres 2024 yang Diusung oleh PDI Perjuangan

21 Apr 2023 14:04 WIB

thumbnail-article

null

Penulis: Rusti Dian

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024. Pengumuman ini disampaikan dalam acara Rapat DPP Partai ke-140, tepatnya pada pukul 13.45 WIB di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

“Pada jam 13.45, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai Calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,”ujar Megawati Soekarnoputri.

Megawati juga menugaskan Ananda Prabowo menjadi Kepala Situation Room di PDIP. Nantinya, Ananda Prabowo akan melakukan monitoring kondisi politik nasional serta konsolidasi partai dan pemenangan pada Pemilu 2024.

Acara pengumuman tersebut dibuka dengan sambutan dari Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. Selanjutnya masuk dalam sesi sambutan dan pembacaan calon presiden 2024 yang diusung oleh PDIP. Sesi ini langsung dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri.

Presiden Joko Widodo pun turut hadir dan memberikan sambutan dalam acara pengumuman bakal Calon Presiden 2024 yang diusung oleh PDIP. 

Menurut Joko Widodo, Ganjar Pranowo adalah seorang pemimpin yang dekat dengan rakyat, selalu turun ke bawah, dan sangat ideologis. Oleh karena itu, ia pun menyampaikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

“Saya sangat mengapresiasi, saya sangat menghargai keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang baru saja mengumumkan keputusannya bakal calon presiden yang diajukan oleh PDI Perjuangan yaitu Bapak Ganjar Pranowo,”tutur Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan.

Selanjutnya, Ganjar Pranowo pun dipersilakan untuk memberikan sambutan sebagai Capres 2024. Dalam sambutannya, Ganjar menyampaikan rasa terima kasih dan hormatnya karena diberi amanah untuk menjadi Capres 2024. Ia juga menceritakan tentang bagaimana perjalanan karier politiknya, terutama selama di PDIP.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, insya Allah kami akan melaksanakan tugas ini (menjadi capres) dengan sebaik-baiknya,”ujar Ganjar Pranowo dalam sambutannya.

Sebelumnya, PDIP dikabarkan akan mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden setelah mendapat restu dari Megawati Soekarnoputri. Acara ini turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Prananda Prabowo, Puan Maharani, Olly Dondokambey, Hasto Kristiyanto, dan Ganjar Pranowo.

Menurut Hasto, pengumuman capres bisa dilakukan kapan saja dengan momentum yang tepat, yang terpenting semua kader partai bisa mempersiapkan diri secara ideologis dan struktural. Hasto meyakini bahwa Megawati Soekarnoputri dapat menemukan momentum yang tepat untuk mengumumkan calon definitif yang diusung partai.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER