Google Akan Hapus Gmail Desember 2023 Mendatang, Lakukan Cara Berikut Agar Akun Anda Selamat!

26 Juli 2023 15:07 WIB

Narasi TV

Logo Gmail. Sumber: Google Workspace.

Penulis: Shinta Dewi Anggraini

Editor: Margareth Ratih. F

Google akan menghapus akun Gmail mulai bulan Desember 2023 mendatang. Kebijakan baru Google ini berlaku apabila pengguna akun Gmail sudah lebih dari 2 tahun tidak beraktivitas menggunakan akun Gmail tersebut. Aktivitas yang dimaksud berupa log in, membaca email, menggunakan akun YouTube dan lain sebagainya. 

Tujuan kebijakan Google menghapus Gmail yang tidak aktif

Tujuan dari kebijakan ini tidak lain adalah untuk meningkatkan keamanan. Google selalu berusaha untuk menyediakan layanan andal, aman dan terpercaya. Google berinvestasi pada keamanan agar penggunaannya terhindar dari spam, phising maupun pembajakan akun. 

Menurut Google, gmail yang sudah lama tidak digunakan berpotensi besar disusupi atau di-hack. Hal ini bisa terjadi karena akun sudah tidak dijaga, terlupakan ataupun selalu menggunakan kata sandi yang sama sehingga mudah terkena data breach dan tidak bisa melakukan autentikasi dua faktor. 

Lalu apa saja tolak ukur "keaktifan" Gmail menurut Google? 

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menyelamatkan Gmail Anda. Bukan hanya login, membaca maupun mengirim email, keaktifan akun Gmail melalui tools lainnya seperti mengakses Google Drive, Google Sheet, Google search menggunakan akun yang telah ditautkan dengan Gmail Anda merupakan suatu bukti keaktifan akun Gmail. 

Jadi untuk mencegah Google menghapus akun Gmail Anda, cobalah untuk melakukan aktivitas seperti biasanya dengan menggunakan akun yang telah ditautkan dengan Gmail Anda. 

Lagu bagaimana nasib akun Gmail yang telah dihapus? Dikutip dari 9togoogle, Gmail yang telah dihapus oleh Google tidak akan di "daur ulang" alias tidak akan bisa digunakan kembali selamanya. 

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah akun Gmail terhapus oleh Google. Jangan lupa untuk log in dan melakukan aktivitas browsing dengan akun Gmail yang telah Anda tautkan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR