Google Bard Siap Jadi Pesaing ChatGPT, Begini Spesifikasi dan Cara Pakainya

16 May 2023 17:05 WIB

thumbnail-article

Lampu neon berbentuk logo perusahaan Google. Perusahaan Google baru saja merilis layanan chatbot berbasis AI, Google Bard. (Reuters)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Google baru-baru ini merilis layanan Google Brad, layanan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI). Kehadiran Bard digadang-gadang akan menjadi pesaing ChatGPT yang telah lebih dulu populer.

Seperti ChatGPT, Google Bard adalah layanan percakapan berbasis AI yang dapat menghasilkan berbagai macam teks sesuai perintah yang dimasukkan. 

Pada awal peluncurannya, Google Bard hanya tersedia dalam bahasa Inggris untuk pengguna di wilayah Amerika Serikat (AS) dan Inggris saja. 

Pada konferensi Google I/O 2023, Google mengumumkan perluasan jangkauan Bard hingga 180 negara termasuk Indonesia. Namun hingga saat ini, layanan Bard masih terbatas dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Portugis, Italia, Rusia, China, Jepang, dan Korea. 

Cara kerja Google Bard

Cara kerja Google Bard hampir sama dengan chatbot AI pada umumnya. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan perintah apa pun kepada Bard. 

Selama pertanyaan yang diajukan tidak melanggar ketentuan, Bard akan memberikan jawaban dalam bentuk teks. 

Bisa dibilang, Bard merupakan versi lebih canggih dari Google Assistant, meskipun kehadirannya belum sampai menggantikan layanan asisten virtual pribadi itu.

Teknologi AI yang dipakai Google Bard juga berbeda dengan chatbot AI lainnya.

Jika kebanyakan chatbot AI lainnya menggunakan large language model (LLM) seri GPT, Google menggunakan LLM buatannya sendiri yaitu LaMDA dan PaLM 2 untuk mengoperasikan chatbot Bard. 

Cara menggunakan Google Bard

Untuk menggunakan Bard, kamu dapat mengunjungi laman bard.google.com. Sebagaimana layanan Google lainnya, kamu harus login terlebih dahulu menggunakan akun Google.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan Google Bard:

  • Buka laman bard.google.com.
  • Sign in menggunakan akun Google.
  • Jika kamu baru pertama kali menggunakan Bard, akan muncul prompt yang menjelaskan ketentuan serta pengelolaan privasi Bard.
  • Akan muncul juga prompt yang menjelaskan bahwa Bard masih berada dalam tahap uji coba sehingga data yang dimunculkan mungkin tidak akurat. Namun, prompt ini tidak akan muncul jika kamu sudah sign in ke akun Google.
  • Selanjutnya, kamu bisa mulai memasukkan pertanyaan atau perintah ke kolom yang tersedia. Kamu juga bisa menggunakan fitur mikrofon untuk bertanya langsung menggunakan suara.
  • Setelah memasukkan pertanyaan, tekan tombol “Submit” berupa ikon pesawat terbang yang berada di sebelah kanan kolom pertanyaan.
  • Tunggu sampai Bard menampilkan jawaban sesuai pertanyaan yang kamu ajukan. Kamu bisa mengedit pertanyaan yang telah dikirim dengan menekan tombol pena. 

Jawaban dari Bard juga bisa diekspor ke Gmail menggunakan tombol “Export response” berupa ikon panah ke atas yang berada di bagian bawah jawaban. 

Google Bard tersedia dalam mode terang (light) dan gelap (dark) yang dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing. 

Gimana, apakah kamu sudah mencoba Google Bard? 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER