Google Doodle Aminah Cendrakasih untuk Mengenang Karakter “Mak Nyak” Semasa Hidup

29 Januari 2024 21:01 WIB

Narasi TV

Tangkapan layar halaman Google hari ini yang menampilkan sosok Aminah Cendrakasih. (Sumber: Google)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Tema Google Doodle hari Senin (29/1/2024) adalah Aminah Cendrakasih. Ia tampak mengenakan kerudung khas Betawi. Wajahnya terlihat keluar dari sebuah televisi zaman dulu. Lantas, siapakah Aminah Cendrakasih?

Siti Aminah Tjendrakasih atau dikenal dengan nama Aminah Cendrakasih adalah aktris yang berperan sebagai Mak Nyak dalam serial Si Doel Anak Sekolahan. Ilustrasinya muncul guna memperingati ulang tahun Aminah yang jatuh pada tanggal 29 Januari.

Ia lahir di Magelang, Jawa Tengah pada tahun 1938. Aminah meninggal dunia pada 21 Desember 2022 di Tangerang Selatan, Banten karena penyakit glaukoma yang diderita sejak lama. Ia kemudian dimakamkan satu liang lahat bersama ibunya, Wolly Sutinah di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Darah seni akting Aminah berasal dari kedua orang tuanya. Wolly Sutinah adalah seorang aktris senior Indonesia yang akrab dikenal dengan nama Mak Wok. Sementara ayahnya, Husni Nagib juga seorang pelawak senior di Indonesia.

Sepak terjang Aminah Cendrakasih

Aminah mendedikasikan hidupnya di industri perfilman dan sinetron Indonesia. Ia menempuh pendidikan di Sekolah Kepandaian Putri (SKP). Dari situ, Aminah mulai mengenal dunia panggung. Tahun 1955, ia aktif sebagai pemain dan penyanyi di pentas sandiwara.

Ia berkesempatan tampil dalam film bertajuk Oh, Ibuku (1955). Film ini adalah bagian pertama dari film Gadis Tiga Djaman yang bersambung ke Putri Revolusi. Sejak saat itu, Aminah aktif mengambil peran dalam perfilman Indonesia. 

Kariernya tidak pernah redup sekalipun sempat vakum selama 11 tahun. Ia menghilang dari dunia akting setelah membintangi Habis Gelap Terbitlah Terang (1959) dan menikah. Ia kembali aktif pada 1970 lewat sandiwara televisi dan film.

Hingga tahun 1989, Aminah Cendrakasih telah membintangi 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama. Mulai dari karakter antagonis hingga protagonis pun sudah dilakoninya. Dari situ, Aminah mendapatkan Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional tahun 1992.

Salah satu film dan sinetron yang tak lekang oleh waktu berjudul Si Doel. Sinetron ini terus berkembang dari tahun 1994 hingga 2003. Kemudian sinetronnya muncul kembali pada 2011 dan 2022 (diluncurkan setelah Aminah meninggal). 

Aminah juga turut mengambil peran dalam Si Doel the Movie (2018), Si Doel the Movie 2 (2019), dan Akhir Kisah Cinta Si Doel (2020).

13 tahun menderita glaukoma

Memasuki usia tua, Aminah berjuang melawan penyakit glaukoma. Sakit tersebut dideritanya selama 13 tahun. 

Bahkan, glaukoma yang derita Aminah membuatnya mengalami kebutaan pada kedua matanya.

Selain berjuang melawan glaukoma, Aminah juga berjuang melawan kelumpuhan akibat jatuh di kamar mandi. 

Meski begitu, Aminah tetap bersemangat dalam berakting sebagai Mak Nyak. Ia membuktikan masih bisa berakting dalam Si Doel the Movie meski dalam kondisi berbaring.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR