8 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Bertemu Pasangan dari Dating Apps

11 Dec 2023 16:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi dating app. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Pernahkah kamu match dengan seseorang di dating apps (aplikasi kencan) lalu berencana bertemu? Tentu ini menjadi momen yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Berikut ini hal yang harus dilakukan sebelum bertemu pasangan dari dating apps.

Kemajuan teknologi membuat kita semakin mudah bertemu dengan orang baru dari lokasi yang jauh sekalipun. Hal inilah yang membuat aplikasi kencan pun banyak digunakan. Selain mencari pasangan, aplikasi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mencari teman.

Aplikasi kencan memungkinkan seseorang yang berbeda domisili, usia, dan jenis kelamin bisa bertemu. Jika menggeser ke kanan, kamu akan cocok atau match dengan seseorang. Kalian bisa lanjut ke tahap chatting, bertukar kontak atau username media sosial, dan bertemu.

Namun, pertemuan dengan orang asing seringkali membuat orang menjadi waspada. Tak sedikit kasus kriminal terjadi yang berawal dari kenalan di media sosial. 

Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan beberapa hal sebelum bertemu dengan pasangan dari dating apps. Tujuannya untuk mencegah jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apa saja yang harus dilakukan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips bertemu pasangan dari dating apps

Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum bertemu pasangan dari dating apps:

  • Kenali latar belakangnya

Sebelum bertemu, alangkah baiknya kamu mengenali latar belakang pasanganmu lebih dulu. Cari tahu media sosialnya, pantau aktivitas sehari-harinya, dan juga circle pertemanannya. Dari situ, kamu bisa menentukan akan mengiyakan atau menolak ajakannya.

  • Pilih tempat yang ramai

Alih-alih mencari tempat untuk berduaan, kamu bisa mengajaknya pergi ke tempat yang ramai seperti mall, restoran, atau kafe. Hal ini untuk menghindarkan dirimu dari niat yang tak baik dan juga membuatmu merasa aman.

  • Memberi kabar kepada teman dekat

Sebelum bertemu, pastikan kamu memberi kabar kepada teman dekat. Kirim foto, akun media sosial, atau kontak orang yang ingin ditemui. Jika perlu, kamu juga bisa mengirimkan lokasi pertemuan. Hal ini sangat berguna jika kamu sedang berada dalam bahaya.

  • Hindari menumpang kendaraan dengan pasangan

Saat pertemuan pertama, sebaiknya hindari menumpang kendaraan dengan pasangan. Lebih baik kamu menaiki transportasi umum atau pribadi. Jadi, kamu bisa menolak apabila pasangan menawarkan jemputan. Hal ini juga untuk menghindarkan pasangan tahu alamat tempat tinggalmu.

  • Hindari berekspektasi terlalu tinggi

Apakah kamu pernah menemukan keluhan orang-orang soal perbedaan seseorang di media sosial dan di dunia nyata? Hal ini bisa terjadi karena ekspektasi yang berlebihan. Sebaiknya hindari berekspektasi tinggi pada pasangan agar tak berubah menjadi kekecewaan.

  • Siapkan topik obrolan

Rasa canggung saat pertama kali bertemu memang sesuatu yang wajar. Untuk mengatasinya, kamu bisa mempersiapkan topik obrolan yang seru. Misalnya membicarakan awal pertemuan di media sosial, rutinitas, hobi, dan lain sebagainya.

  • Tentukan batasan

Kamu juga harus menentukan batasan kepada pasangan. Misalnya soal sentuhan fisik, membayar bill (tagihan) masing-masing, dan lain sebagainya. Komunikasikan hal tersebut kepada pasangan untuk menghindari rasa canggung.

  • Percaya pada naluri

Terakhir, jika kamu merasa ragu saat ingin bertemu, kamu berhak menundanya. Pun jika setelah bertemu justru kamu merasa tidak aman, maka kamu berhak meninggalkannya. Percaya saja pada nalurimu karena keselamatan menjadi yang terpenting.

Itu tadi beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum bertemu dengan pasangan dari dating apps. Semoga bermanfaat!

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER