Hasil Survei Elektabilitas Terbaru

13 Feb 2024 20:02 WIB

thumbnail-article

Ketiga Paslon Capres/Cawapres Pemilu 2024. Sumber: ANTARA.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Lembaga survei terkemuka di Indonesia, yaitu Lembaga Survei Indonesia (LSI), baru saja mengumumkan hasil survei terbarunya yang menyoroti elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menjelang pemilihan presiden 2024. Hasil survei ini mengungkap siapa yang memimpin dalam persaingan.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh LSI, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, mendominasi dengan tingkat keterpilihan mencapai 51,9 persen.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin, meraih suara sebesar 23,3 persen, dan pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, memperoleh dukungan sebesar 20,3 persen. Sebanyak 4,4 persen responden menyatakan tidak mengetahui atau tidak memberikan jawaban.

Hasil survei ini diumumkan oleh Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam acara di Double Tree Hotel Cikini, Jakarta Pusat, pada Sabtu (10 Februari 2024). Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan mengambil sampel sebanyak 1.220 responden.

Dengan margin of error sebesar +/- 2,9 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, survei dilakukan dari tanggal 29 Januari hingga 5 Februari 2024. Responden yang terpilih diwawancarai secara tatap muka oleh para pewawancara yang telah menjalani pelatihan khusus.

Simulasi tertutup

Selain itu, LSI juga melakukan simulasi tertutup dengan dua pasangan calon. Dalam simulasi pertama, Prabowo-Gibran akan menghadapi Anies-Muhaimin, sedangkan dalam simulasi kedua, mereka akan berhadapan dengan Ganjar-Mahfud.

Dalam simulasi pertama (Simulasi A), Anies-Muhaimin meraih dukungan sebesar 27,3 persen, sementara Prabowo-Gibran unggul dengan suara sebanyak 61,6 persen. Sebanyak 11,0 persen responden menyatakan tidak mengetahui atau tidak memberikan jawaban.

Sementara dalam simulasi kedua (Simulasi B), Ganjar-Mahfud memperoleh dukungan sebesar 26,0 persen, sedangkan Prabowo-Gibran kembali mendominasi dengan suara sebesar 60,0 persen. Terdapat 13,9 persen responden yang menyatakan tidak mengetahui atau tidak memberikan jawaban.

Dengan demikian, hasil survei LSI menunjukkan bahwa pasangan calon Prabowo-Gibran memiliki posisi yang kuat menjelang pemilihan presiden 2024, mendapatkan dukungan yang signifikan dari responden.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER