6 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Coping Mechanism Saat Stress

11 Mar 2023 08:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seseorang yang sedang bersantai. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Setiap orang pasti pernah memiliki masalah yang membuatnya merasa stress. Dari situ, ia akan berpikir cara menyelesaikan masalahnya agar tidak merasa stress berkepanjangan. Upaya mengelola stress ini disebut coping mechanism.

Istilah coping mechanism atau mekanisme koping banyak ditemui dalam psikologi klinis. Sebutan lain mekanisme koping adalah mekanisme pertahanan diri.

Mengenal coping mechanism

Pengertian coping mechanism adalah cara yang dilakukan seseorang untuk menghadapi stress atau trauma dengan cara mengelola dan mengatasi kemarahan, kecemasan, kesepian, dan bentuk emosi lainnya.

Coping mechanism ada dua jenis, di antaranya:

  • Problem solving focused coping berarti berfokus pada penyelesaian masalah atau stressor. Kamu akan berusaha mengumpulkan informasi, menganalisis masalah, serta meminta saran dan bantuan. 
  • Emotion focused coping berarti mengabaikan stressor untuk sementara waktu. Kamu bisa melakukannya dengan curhat, berdoa, berolahraga, dan liburan. Aktivitas ini dilakukan dapat untuk meredam emosi sejenak atau melupakan masalah yang sudah tidak bisa diselesaikan lagi.

Coping mechanism membantu kita untuk menjaga kesehatan mental dan emosional. Walaupun masalah datang silih berganti, kita tidak akan merasa stress atau cemas berlebih ketika dapat mengendalikan coping mechanism dengan baik.

Sebaliknya, jika kita tidak menerapkan coping mechanism, maka dapat berpengaruh pada kesehatan mental yang terganggu. Kita akan mudah merasa stress, cemas, dan depresi.

Bentuk coping mechanism

Berikut bentuk-bentuk coping mechanism yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi masalah:

  • Relaksasi

Relaksasi dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu melakukan meditasi, menyendiri ke suatu tempat, yoga, dan mendengarkan musik. 

Dengan relaksasi, kamu dapat mengurangi gejala stress yang sedang menghantui pikiran dan perasaanmu.

  • Mencari support system

Bercerita dengan orang lain juga dapat mengurangi stress yang selama ini kamu rasakan. Kamu juga bisa mendapat solusi atas masalah tersebut. 

Carilah support system yang menurutmu tidak akan menjustifikasi masalah yang sedang kamu hadapi sehingga kamu dapat bercerita dengan bebas.

  • Menyelesaikan masalah

Menghindar tidak lantas membuat masalahmu selesai begitu saja. Kamu harus menyelesaikan masalahmu satu per satu. 

Oleh karena itu, kamu bisa berdiam diri atau menarik diri sejenak agar dapat memikirkan solusi dari masalah tersebut. Jangan sungkan meminta bantuan orang lain jika dirasa kamu tidak mampu menyelesaikan masalah sendirian.

  • Melakukan hobi

Kamu juga bisa melakukan hobi yang mungkin selama ini sempat terhenti karena kamu terlalu stress memikirkan masalah. Lakukan apapun yang kamu sukai seperti menonton film, mendengarkan musik, journaling, melukis, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan hobi, kamu juga bisa sejenak berpikir solusi yang tepat untuk masalahmu. Selain itu, kamu juga bisa melampiaskan emosi ke arah positif.

  • Olahraga

Berolahraga membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang menjadi respon atas stress. Dengan olahraga selama 20-30 menit setiap hari, pikiran dan perasaanmu dapat menjadi lebih tenang.

  • Mengikuti kegiatan menarik

Kamu juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan menarik untuk sejenak melepas stress. Kegiatan tersebut bisa berupa festival film, konser musik, pameran, dan lain sebagainya.

Salah satu kegiatan yang bisa kamu coba untuk menemukan coping mechanism adalah dengan masuk ke Ruang Rasa dalam acara Indonesia Butuh Anak Muda (IBAM) Seri Perempuan.

Di Ruang Rasa, kamu bisa lebih menerima, mencintai, dan menguatkan diri sendiri melalui penampilan musik. Setiap lagu yang dinyanyikan bisa menenangkan pikiran dan perasaanmu yang mungkin sedang kacau.

Indonesia Butuh Anak Muda (IBAM) Seri Perempuan adalah event yang diadakan oleh Narasi. Event ini mengangkat tema “Terima Kasih Diri” sebagai ajakan kepada anak muda untuk peduli terhadap isu terkini yang berkembang.

IBAM Seri Perempuan akan diadakan pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 di Chillax, Sudirman, Jakarta Pusat. Selain berkunjung ke Ruang Rasa, kamu juga bisa merasakan pengalaman di Ruang Inspirasi yang berisi instalasi seni dan Ruang Berbagi yang akan banyak diisi oleh talkshow.


Tunggu apa lagi, segera daftarkan dirimu dalam acara Indonesia Butuh Anak Muda (IBAM) Seri Perempuan. See you!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER