Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Besar dan Bisa Dikerjakan di Mana Saja

2 Mei 2023 16:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi ibu rumah tangga menjalankan ide bisnis di bidang katering makanan. (Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti harus berhenti mengejar mimpi untuk berdaya dan mandiri. Kemajuan teknologi dapat menjadi jembatan untuk mewujudkan ide bisnis ibu rumah tangga.

Banyak pekerjaan yang kini dapat dilakukan di rumah sembari mengerjakan pekerjaan domestik di rumah.

Memulai bisnis ketika menjadi ibu rumah tangga juga dapat dijadikan sebagai penyalur hobi untuk melepas kepenatan dan kebosanan di rumah.

Tak hanya penyalur hobi, bisnis juga bisa jadi jawaban agar ibu rumah tangga dapat berdaya dan mandiri secara finansial.

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga

Tak semua bisnis harus dimulai dengan modal yang besar, berikut ini adalah ide bisnis yang dapat dikerjakan oleh ibu rumah tangga.

1. Penulis lepas (freelance writer)

Bisnis ini menjadi pilihan pertama bagi kamu yang memiliki hobi menulis, meskipun menulis bukan sesuatu yang mudah untuk dikerjakan namun bisnis ini cukup menjanjikan.

Terutama di zaman yang serba digital ini, banyak situs, aplikasi, dan konten media sosial yang membutuhkan jasa seorang penulis lepas.

2. Dropshipper

Dengan banyaknya e-commerce maka bisnis ini cukup menjanjikan bahkan bisa dilakukan hanya dari rumah saja sebagai IRT. 

Dropshipper merupakan jenis bisnis yang menyalurkan barang dari distributor ke konsumen

Bisnis dropshipper juga cenderung menggunakan modal yang sedikit, hal tersebut karena dropshipper tidak perlu menstok barang.

Dropshipper lebih berfokus pada menyalurkan barang dagangan dari produsen ke konsumen melalui iklan yang dibuat. 

3. Berbisnis tanaman hias

Belakangan penikmat tanaman hias mengalami peningkatan sejak pandemi Covid-19 pada 2020 lalu.

Tren tersebut dapat dijadikan ide bisnis bagi ibu rumah tangga. Tak hanya berpotensi menguntungkan, bisnis ini juga dapat dijadikan sebagai penawar stres.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa interaksi dengan tanaman (seperti membersihkan daun atau menyiram) dapat menurunkan tingkat stres pada manusia.

Merawat bibit tanaman kemudian dijual ketika siap adalah bisnis yang dapat dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga.

4. Usaha jasa katering

Ide bisnis selanjutnya cocok bagi kamu yang memiliki hobi masak. Kamu bisa memulai bisnis ini dari dapur pribadi. 

Keuntungan bisnis katering adalah kamu tidak perlu memikirkan hal rumit seperti membuka restoran.

Kamu bisa memulai bisnis ini dari skala kecil terlebih dahulu sebelum terbiasa dan dapat menerima pesanan dalam skala besar.

5. Membuka bimbel atau kursus di rumah

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi dan suka belajar, membuka les bimbel untuk anak-anak usia sekolah dapat jadi alternatif bisnis lainnya.

Selain mendapatkan penghasilan, bisnis ini juga dapat dijadikan cara menyalurkan ilmu yang telah didapatkan seorang ibu rumah tangga sebelumnya.

Jenis kursus yang dapat dijadikan bisnis juga beragam. Selain kursus pelajaran sekolah yang bersifat eksakta seperti matematika, kursus keterampilan juga bisa jadi pilihan.

Jika kamu memiliki latar belakang pengetahuan mengenai keterampilan seperti bermusik, menari, menjahit, atau memasak, kamu bisa menggunakannya untuk membuka kursus.

Demikian lima ide bisnis yang dapat dikerjakan oleh ibu rumah tangga sembari melakukan kerja domestik di rumah. Semalat mencoba!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR