Jadi yang Terlemot di Asia Tenggara, Kecepatan Internet Indonesia Masih Ketinggalan

7 Oct 2023 16:10 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi internet. (Sumber: Freepik/rawpixel.com)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Indonesia masih berada di posisi terbawah dalam daftar kecepatan mobile internet negara di Asia Tenggara. Hal ini berdasarkan laporan Speedtest Global Index yang dirilis pada Maret 2023.

Menurut laporan tersebut, rata-rata kecepatan internet mobile di Indonesia hanya mencapai 21,35 Mbps. Angka ini jauh di bawah negara-negara tetangga seperti Brunei, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Laos, Filipina, Myanmar, dan Kamboja.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif mengakui bahwa kecepatan internet Indonesia memang masih kalah dengan negara-negara lain di Asia Tenggara. Namun, dia mengatakan bahwa kecepatan internet Indonesia sebenarnya sudah mengalami peningkatan, terutama untuk internet mobile.

Arif menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pengembangan infrastruktur jaringan internet di Indonesia. 

Salah satunya adalah kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh jaringan fiber optik.

Selain itu, Arif juga menyebut biaya penggelaran jaringan di daerah perkotaan yang tinggi karena adanya komersialisasi oleh pemerintah daerah. Dia juga menambahkan bahwa regulasi yang ada seringkali menjadi penghambat dalam proses perizinan dan birokrasi.

Faktor lainnya adalah ketersediaan listrik yang tidak stabil, khususnya di daerah-daerah terpencil. 

Arif mengatakan bahwa hal ini juga berpengaruh terhadap kualitas jaringan internet. Jaringan telekomunikasi memerlukan pasokan listrik yang stabil untuk dapat beroperasi dengan baik.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi juga menilai bahwa infrastruktur telekomunikasi dan internet di Indonesia masih rendah. Dia mengatakan bahwa belum semua wilayah di Indonesia tercover oleh internet broadband dan teknologi yang mendukungnya.

Heru mengatakan bahwa untuk meningkatkan kecepatan internet Indonesia, diperlukan kerja sama antara pemerintah, penyedia layanan internet, dan masyarakat. Dia juga mengharapkan adanya inovasi dan investasi dalam pengembangan infrastruktur jaringan internet di Indonesia.

Daftar kecepatan internet negara Asia Tenggara

Berikut ini adalah daftar peringkat kecepatan internet mobile tercepat di Asia Tenggara pada Februari 2023:

  • Brunei 78,09 Mbps (peringkat 20),
  • Singapura 76,48 Mbps (peringkat 22),
  • Malaysia 47,72 Mbps (peringkat 45),
  • Vietnam 43,32 Mbps (peringkat 51),
  • Thailand 40,80 Mbps (peringkat 53),
  • Laos 29,97 Mbps (peringkat 72),
  • Filipina 25,63 Mbps (peringkat 79),
  • Myanmar 24,25 Mbps (peringkat 88),
  • Kamboja 22,55 Mbps (peringkat 94),
  • Indonesia 21,35 Mbps (peringkat 101).

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER