Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Cara Memilih yang Sesuai dengan Bisnis Anda

11 Mei 2023 10:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang bekerja dengan laptopnya. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Sudahkah Anda tahu soal jenis-jenis jaringan komputer? Jaringan komputer merupakan kumpulan perangkat keras dan lunak yang saling terhubung untuk bertukar data dan sumber daya.

Dalam perkembangannya, jaringan komputer memiliki beberapa jenis yang memiliki karakteristik masing-masing.

Jenis-jenis jaringan komputer beserta penggunaannya

  1. LAN (Local Area Network)

Jaringan ini biasanya digunakan dalam lingkungan kecil seperti rumah atau kantor. LAN terdiri dari beberapa komputer yang terhubung dalam jarak dekat menggunakan kabel atau Wi-Fi.

Keuntungan dari jaringan ini adalah dapat membagikan sumber daya seperti printer, file, dan perangkat lainnya dengan mudah.

  1. WLAN (Wireless Local Area Network)

Sama dengan LAN, WLAN juga merupakan jenis-jenis jaringan komputer yang terbatas dalam cakupan wilayah. Namun, jaringan ini tidak menggunakan kabel, melainkan sinyal radio yang dipancarkan oleh perangkat Wi-Fi.

WLAN lebih fleksibel dan memungkinkan penggunanya untuk mengakses jaringan dari berbagai tempat yang terjangkau oleh sinyal Wi-Fi.

  1. WAN (Wide Area Network)

Jaringan ini menghubungkan beberapa LAN atau WLAN dalam jarak yang jauh. WAN biasanya digunakan dalam skala besar seperti antar kota, antar negara bahkan antar benua.

Contoh penggunaannya adalah internet yang merupakan jaringan WAN global yang menghubungkan seluruh dunia.

  1. MAN (Metropolitan Area Network)

Jenis jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa gedung atau area dalam satu kota atau wilayah metropolitan. Contohnya adalah jaringan bank atau kantor pemerintahan yang terhubung dalam satu kota.

  1. CAN (Campus Area Network)

Jaringan ini biasanya digunakan dalam lingkungan kampus atau kompleks universitas. Jenis-jenis jaringan komputer ini digunakan untuk menghubungkan beberapa bangunan di dalam kompleks kampus yang terpisah jaraknya.

  1. SAN (Storage Area Network)

Jenis jaringan ini digunakan untuk menyimpan dan mengakses data pada server. SAN terdiri dari beberapa server yang terhubung dan dapat diakses oleh pengguna di berbagai lokasi.

  1. VPN (Virtual Private Network)

Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer di berbagai tempat secara aman melalui internet. VPN digunakan untuk mengakses jaringan pribadi secara remote dan memungkinkan pengguna untuk mengakses sumber daya jaringan yang terhubung.

Demikian penjelasan terkait alam penggunaannya jenis-jenis jaringan komputer dan cara memilih yang sesuai dengan bisnis Anda.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR