Jangan Cuma Kuliah, Mahasiswa Baru Juga Wajib Ikuti Kegiatan Ini Guna Menambah Pengalaman

16 Juni 2024 14:06 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aktivitas perkuliahan di kelas. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Sebagai mahasiswa baru, ada baiknya untuk banyak mengeksplorasi skill dan menjalin relasi selama masa perkuliahan. Sebab ini akan sangat baik untuk karier ke depannya. Berikut jenis-jenis kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa baru untuk mendorong peningkatan kapasitas.

Di kampus, ada banyak kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa baik akademik maupun non akademik. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan hard skill dan soft skill untuk bekal sebelum menempuh dunia profesional.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi mahasiswa untuk tidak hanya berkuliah saja, melainkan juga mengikuti berbagai jenis kegiatan. Mahasiswa juga bisa mengikuti kegiatan di luar kampus agar jaringannya pun semakin luas.

Lantas, apa saja jenis kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa baru? Simak penjelasannya berikut ini!

  • Ikut organisasi dan kepanitiaan

Banyak sekali organisasi atau kepanitiaan yang bisa diikuti di kampus. Mulai dari unit kegiatan mahasiswa, himpunan mahasiswa, hingga badan eksekutif mahasiswa (BEM).

Ketika kamu bergabung dalam organisasi atau kepanitiaan, kamu akan mendapatkan sejumlah kesempatan. Kamu bisa mengasah hard skill, meningkatkan kemampuan bekerja sama dengan tim, mengembangkan relasi, melatih skill kepemimpinan, serta mendapatkan pengalaman yang menarik.

Nantinya pengalaman-pengalaman tersebut bisa dimasukkan dalam portofolio yang berguna ketika akan melamar kerja. Portofolio tersebut akan menjadi nilai lebih yang dilihat oleh perusahaan.

  • Berpartisipasi dalam lomba

Kamu juga bisa mengikuti berbagai macam lomba, baik tingkat regional, nasional, maupun internasional. Dengan mengikuti lomba, kamu akan mendapatkan pengalaman menarik dan mengembangkan kapasitas diri. Pengalaman tersebut juga bisa memperkaya portofoliomu.

  • Ikut kegiatan sukarelawan

Dengan mengikuti kegiatan sukarelawan, kamu dapat melatih jiwa sosial agar lebih peka dengan kondisi sekitar. Menjadi sukarelawan juga mampu melatih rasa tanggung jawab dalam menjalani pekerjaan tertentu.

  • Ikut beasiswa

Berbagai peluang beasiswa dapat diikuti oleh mahasiswa selama berkuliah. Beasiswa tersebut disediakan oleh pemerintah maupun swasta. Dengan mengikuti beasiswa, kamu bisa mendapatkan keringanan biaya. Apalagi jika program beasiswa tersebut juga didukung dengan berbagai kegiatan pelatihan.

  • Ikut magang

Program magang menjadi sangat penting untuk diikuti mahasiswa. Ketika mengikuti magang, mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan selama berkuliah. Selain itu, mahasiswa juga bisa melatih skill-nya sebelum terjun di dunia kerja.

  • Menjadi asisten dosen

Pengalaman menarik lainnya yaitu menjadi asisten dosen, baik dalam penelitian atau kegiatan-kegiatan lainnya. Kamu berpeluang mendapatkan berbagai kesempatan, mulai dari menambah wawasan keilmuan hingga relasi yang lebih luas.

  • Mengikuti seminar atau workshop

Terakhir yaitu mengikuti seminar atau workshop. Hal ini berguna untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa, serta mendalami materi dalam perkuliahan. Kini tersedia berbagai opsi seminar atau workshop yang diselenggarakan baik secara online maupun tatap muka.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR