Joe Biden Marah ke Saudi Gara-Gara OPEC Pangkas Produksi Minyak

13 Oktober 2022 08:34

Narasi TV

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Foto: Reuters

Penulis: Ani Mardatila

Editor: Ramadhan Yahya

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden marah kepada Arab Saudi, setelah organisasi negara produsen minyak dan sekutunya (OPEC+) memangkas target produksi minyaknya pekan lalu. Biden mengancam bakal ada konsekuensi terkait tindakan tersebut.

“Bakal ada beberapa konsekuensi terkait apa yang mereka [Saudi] lakukan dengan Rusia,” kata Biden, dikutip dari CNN.com.

Diketahui, Arab Saudi merupakan pengekspor minyak utama dunia dan memimpin OPEC+. Organisasi ini adalah kelompok produsen minyak yang terdiri dari Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) plus sekutunya, termasuk Rusia.

Pada 5 Oktober lalu, OPEC+ bersepakat memangkas produksi minyak sebesar 2 juta barel per hari mulai November mendatang. Kebijakan pemangkasan ini setara 2% dari pasokan global, dan menjadi pemangkasan terbesar sejak pandemi 2020.

AS Tuding Arab Saudi Dukung Rusia

AS menuding Arab Saudi mengikuti kemauan Rusia, yang tengah melawan rencana AS dan negara-negara Barat, soal mematok harga minyak Rusia untuk guna memangkas pendapatan Moskow.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan dan Direktur Dewan Ekonomi Nasional, Brian Deese mengatakan bahwa presiden AS “kecewa dengan keputusan picik oleh OPEC+ memotong kuota produksi, sementara ekonomi global menghadapi dampak negatif yang berkelanjutan dari [Presiden Rusia Vladimir] invasi Putin ke Ukraina”.

“Menjaga pasokan energi global [itu] sangat penting,” kata Sullivan dan Deese

“Keputusan ini akan memiliki dampak paling negatif pada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah yang sudah sempoyongan akibat kenaikan harga energi.”

Sementara itu, Arab Saudi menolak pernyataan "tidak berdasarkan fakta" yang mengkritik kerajaan setelah keputusan OPEC+ ini.

Arab Saudi beralasan pemotongan produksi 2 juta barel per hari (bph), atau setara dengan 2% dari pasokan global, diperlukan untuk menanggapi kenaikan suku bunga acuan di beberapa negara di dunia dan ekonomi global yang melemah.

Dikutip dari Aljazeera.com, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan, pada Selasa (11/10/2022), membela langkah OPEC+, dengan mengatakan itu “murni langkah ekonomi dan diambil dengan suara bulat oleh negara-negara anggota [organisasi]”.

“Anggota OPEC+ bertindak secara bertanggung jawab dan mengambil keputusan yang tepat,” katanya kepada stasiun televisi Al-Arabiya.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Hakim Pengadilan AS Perintahkan Departemen Kehakiman Buka Bukti Penggeledahan di Rumah Trump

TEKS

Ledakan Bom di Masjid Afghanistan Saat Shalat Magrib Berjamaah: 21 Meninggal!

TEKS

Trump Berang FBI Gerbek Rumahnya, Joe Biden Dituding Sebagai Dalang

TEKS

Main Api AS ke China Lewat Kunjungan Pelosi ke Taiwan: Berapa Besar Risikonya?

VIDEO TERKAIT

03:49

Piala Dunia, Kita Senang Underdog Kalahkan Tim Unggulan: Riset dan Penjelasannya

04:07

Donald Trump Nyapres Lagi, Gimana Peluangnya?

02:38

Dari The Beast hingga Limosin Hongqi N701, Ini Deretan Mobil Canggih Pemimpin Negara di G20

14:45

Indra Kenz Divonis 10 Tahun Penjara, Asetnya Gak Dibalikin ke Korban?

14:36

Setelah Viral, Sulastri Lolos Seleksi Polwan, Kapolda Maluku Utara Minta Maaf

01:30

Pertama Kalinya Rudal Balistik Korut Mendarat Gak Sampai 60 Km dari Wilayah Korsel

17:20

Polisi Tetapkan Dua Tersangka Kasus Festival Berdendang Bergoyang

20:12

Program Kompor Listrik yang Kontroversial Akhirnya Dibatalkan!

02:15

DRD4 alias Gen 'Pencari Sensasi', bikin Orang Rentan Selingkuh?

01:31

Software Murah Dipakai Aparat di AS buat Mata-matai Warga

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya