Jokowi Ajak Anak Mantunya Makan Bareng Presiden Uni Emirat Arab Usai Resmikan Masjid Sheikh Al Zayed

14 November 2022 12:34

Narasi TV

Penulis: Antara

Editor: Akbar Wijaya

Usai meresmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Gilingan, Banjarsari, Surakarta, Senin (14/11/2022) Presiden Jokowi melakukan sarapan bersama Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Mohammed bin Zayed Al-Nahyan di kawasan Sumber, Surakarta.

Jokowi mengajak putra pertamanya yang juga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, putra keduanya Kaesang Pangarep, serta menantunya yang juga Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Belum diketahui apa isi pembicaraan yang mereka lakukan saat makan bersama itu.

Menyambut Langsung di Bandara

Jokowi dan Gibran sebelumnya menjemput kedatangan Mohammed bin Zayed di Bandara Internasional Adi Somearmo, Boyolali, Jawa Tengah. Mohammed bin Zayed tiba di bandara menggunakan pesawat kepresidenan UAE.

Presiden Jokowi yang menanti kedatangan Zayed di bawah tangga pesawat dengan mengenakan batik coklat dan peci hitam tampak menyapa Mohammed bin Zayed yang telah turun dari pesawat. Keduanya terlihat saling mencium pipi kiri dan kanan.

Jokowi selanjutnya memperkenalkan Mohammed kepada para pejabat yang mendampinginya yakni Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Mohammed terlihat berbincang dengan Gibran untuk beberapa saat. Presiden UAE itu juga disambut pasukan kehormatan Paspampres dan para petugas yang mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah di Tanah Air.

Meresmikan Masjid Sheihk Al Zayed

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Mohammed memasuki kendaraan VVIP yang sama dan meninggalkan bandara. Sepanjang perjalanan dari bandara menuju Masjid Sheikh Al Zayed, tampak masyarakat Surakarta antusias menyambut kedatangan kedua pemimpin negara itu.

Setibanya di Masjid Sheikh Al Zayed kedua pemimpin negara tersebut tampak berbincang-bincang di sepanjang peninjauan masjid.

Setelah memasuki area masjid, Mohammed bin Zayed tampak pula berbincang dengan sejumlah tokoh yang hadir, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan aktivis Nahdlatul Ulama Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid (Yenny Wahid).

Jokowi dan Mohammed bin Zayed selanjutnya melakukan ibadah salat. Kemudian, mereka menandatangani prasasti tanda peresmian masjid dan dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Keduanya juga menanam pohon sala di pekarangan masjid. Dalam prosesi tersebut, Jokowi dan Mohammed bin Zayed meletakkan tanah dan menuangkan air ke lubang yang sudah ditanami dengan bibit pohon tersebut. Keduanya lalu berfoto bersama.

Jokowi sempat menyapa masyarakat sekitar yang berkumpul di depan masjid sebelum memasuki mobil untuk meninggalkan masjid.

Simbol Persahabatan Kedua Negara

Kedatangan Presiden UAE, seperti disampaikan Gibran dari unggahan akun Twitter @gibran_tweet, bertujuan meresmikan Masjid Sheikh Al Zayed di Gilingan, Banjarsari, Surakarta. Gibran mengatakan masjid dengan kapasitas 10.000 jamaah tersebut akan menjadi pusat pengajaran Islam rahmatan lil 'aalamin di Kota Surakarta.

"Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia," kata putra pertama Jokowi itu.

Peresmian Masjid Sheikh Zayed dilakukan di tengah rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali.

Jokowi bertolak dari Bali ke Solo pada Ahad (14/11/2022) malam setelah mendarat di Pulau Dewata usai menghadiri KTT ASEAN di Kamboja sekaligus menerima mandat Keketuaan ASEAN Tahun 2023.

Berdasarkan keterangan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Senin, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri side event dan pertemuan bilateral KTT G20 di Bali.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Benarkah Royal Ambarukmo Jadi Venue Pernikahan Kaesang-Erina? Cek Faktanya Di sini

TEKS

Kaesang Memang Anak Presiden tapi Menteri Gak Seharusnya Sibuk Urus Acara Pernikahan Dia, Kenapa?

TEKS

Mengenal Apropriasi Budaya, Pengertian, Perbedaan, Hingga Penyebabnya

TEKS

Jejak Teror Agus Sujatno Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astanaanyar Bandung

TEKS

Mentan Sebut Impor Beras Saat Stok Aman Bukan Persoalan

TEKS

Polisi Selidiki Motor Biru Berstiker ISIS dengan Tulisan KUHP Hukum Syirik di Polsek Astananyar Bandung

VIDEO TERKAIT

14:33

Kesaksian Eliezer: Pertengkaran Sambo-Putri dan Perempuan di Rumah Bangka

13:13

Pelaku Perkosaan di Kemenkop-UKM Dipecat

15:00

Kesaksiannya Berubah-ubah, Ajudan Akhirnya Ngaku Takut Ferdy Sambo

21:51

Presiden Korea Selatan Minta Maaf atas Tragedi Itaewon

18:52

Kepala Polisi Korsel Minta Maaf soal Tragedi Itaewon

15:26

Luhut Sebut Harga BBM Naik Pekan Ini, Inflasi Bakal Makin Tinggi?

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya