Jokowi Ajak Anak Mantunya Makan Bareng Presiden Uni Emirat Arab Usai Resmikan Masjid Sheikh Al Zayed

14 November 2022 12:11 WIB

Narasi TV

Penulis: Antara

Editor: Akbar Wijaya

Usai meresmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Gilingan, Banjarsari, Surakarta, Senin (14/11/2022) Presiden Jokowi melakukan sarapan bersama Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Mohammed bin Zayed Al-Nahyan di kawasan Sumber, Surakarta.

Jokowi mengajak putra pertamanya yang juga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, putra keduanya Kaesang Pangarep, serta menantunya yang juga Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Belum diketahui apa isi pembicaraan yang mereka lakukan saat makan bersama itu.

Menyambut Langsung di Bandara

Jokowi dan Gibran sebelumnya menjemput kedatangan Mohammed bin Zayed di Bandara Internasional Adi Somearmo, Boyolali, Jawa Tengah. Mohammed bin Zayed tiba di bandara menggunakan pesawat kepresidenan UAE.

Presiden Jokowi yang menanti kedatangan Zayed di bawah tangga pesawat dengan mengenakan batik coklat dan peci hitam tampak menyapa Mohammed bin Zayed yang telah turun dari pesawat. Keduanya terlihat saling mencium pipi kiri dan kanan.

Jokowi selanjutnya memperkenalkan Mohammed kepada para pejabat yang mendampinginya yakni Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Mohammed terlihat berbincang dengan Gibran untuk beberapa saat. Presiden UAE itu juga disambut pasukan kehormatan Paspampres dan para petugas yang mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah di Tanah Air.

Meresmikan Masjid Sheihk Al Zayed

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Mohammed memasuki kendaraan VVIP yang sama dan meninggalkan bandara. Sepanjang perjalanan dari bandara menuju Masjid Sheikh Al Zayed, tampak masyarakat Surakarta antusias menyambut kedatangan kedua pemimpin negara itu.

Setibanya di Masjid Sheikh Al Zayed kedua pemimpin negara tersebut tampak berbincang-bincang di sepanjang peninjauan masjid.

Setelah memasuki area masjid, Mohammed bin Zayed tampak pula berbincang dengan sejumlah tokoh yang hadir, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan aktivis Nahdlatul Ulama Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid (Yenny Wahid).

Jokowi dan Mohammed bin Zayed selanjutnya melakukan ibadah salat. Kemudian, mereka menandatangani prasasti tanda peresmian masjid dan dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Keduanya juga menanam pohon sala di pekarangan masjid. Dalam prosesi tersebut, Jokowi dan Mohammed bin Zayed meletakkan tanah dan menuangkan air ke lubang yang sudah ditanami dengan bibit pohon tersebut. Keduanya lalu berfoto bersama.

Jokowi sempat menyapa masyarakat sekitar yang berkumpul di depan masjid sebelum memasuki mobil untuk meninggalkan masjid.

Simbol Persahabatan Kedua Negara

Kedatangan Presiden UAE, seperti disampaikan Gibran dari unggahan akun Twitter @gibran_tweet, bertujuan meresmikan Masjid Sheikh Al Zayed di Gilingan, Banjarsari, Surakarta. Gibran mengatakan masjid dengan kapasitas 10.000 jamaah tersebut akan menjadi pusat pengajaran Islam rahmatan lil 'aalamin di Kota Surakarta.

"Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia," kata putra pertama Jokowi itu.

Peresmian Masjid Sheikh Zayed dilakukan di tengah rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali.

Jokowi bertolak dari Bali ke Solo pada Ahad (14/11/2022) malam setelah mendarat di Pulau Dewata usai menghadiri KTT ASEAN di Kamboja sekaligus menerima mandat Keketuaan ASEAN Tahun 2023.

Berdasarkan keterangan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Senin, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri side event dan pertemuan bilateral KTT G20 di Bali.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR