PKS Soal Pernyataan Jokowi 2024 Jatah Prabowo: Campur Tangan Kekuasaan dalam Proses Pilpres

9 November 2022 09:40

Narasi TV

Penulis: Rahma Arifa

Editor: Akbar Wijaya

Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS Hidayat Nur Wahid mengkritik pernyataan Jokowi bahwa Pilpres 2024 jatah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Menurut Hidayat pernyataan Jokowi merupakan wujud campur tangan kekuasaan dalam proses Pilpres 2024.

"Disayangkan sekali pernyataan beliau itu disadari atau tidak menghadirkan campur tangan kekuasaan terhadap proses pilpres yang steril dari campur tangan kekuasaan," kata Hidayat saat dihubungi Narasi, Selasa (8/11/2022).

Hidayat mengatakan apa pun alasannya, guyon atau bukan, tidak sepantasnya Jokowi menyampaikan dukungan terbuka kepada Prabowo.

Hidayat mengingatkan dalam diri Jokowi melekat jabatan seorang presiden. Dalam kapasitas itu Jokowi mestinya bisa menempatkan diri sebagai kepala negara dengan menunjukan sikap netral pemerintah dalam proses penentuan capres.

“Saya sangat menyayangkan pernyataan beliau karena itu bukan sekedar pernyataan pribadi, itu merupakan pernyataan seorang presiden yang waktu itu diminta untuk memberikan sambutan," kata Hidayat.

Hidayat juga berpendapat Jokowi tidak semestinya memberikan kriteria calon presiden mendatang. Sebab sikap semacam itu menurut Hidayat bisa saja diterjemahkan sebagai intervensi seorang penguasa.

“Enggak perlu juga beliau menyampaikan kriteria-kriteria. Rakyat sudah lebih mengerti tentang kriteria presiden yang akan datang. Yang beliau anggap sebagai kriteria juga bisa menjadi bumerang terhadap beliau sendiri. Sudahlah rakyat sudah cerdas. Jangan diintervensi dengan penyebutan nama calon atau dukungan,” ujar Hidayat.

Apalagi dukungan itu diucapkan dalam acara Perindo bukan Gerindra, sehingga berpotensi diterjemahkan Jokowi sedang mengarahkan dukungan Perindo kepada Prabowo.

"Kalau itu di rumah Gerindra mungkin orang akan pertimbangkan bahwa itu mungkin pernyataan kepada tuan rumah. Tapi ini kan di rumahnya Perindo," kata Hidayat.

2024 Jatah Prabowo

Presiden Jokowi kembali menegaskan dukungannya kepada Prabowo sebagai capres di Pemilu 2024 mendatang. Menurutnya setelah berhasil memenangkan Pilpres 2014 dan 2019, maka Pilpres 2024 mendatang menjadi jatah Prabowo.

“Saya ini dua kali Wali Kota di Solo menang, kemudian ditarik ke Jakarta, Gubernur sekali menang. Kemudian dua kali di pemilu Presiden juga menang. Mohon maaf Pak Prabowo. Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo,” kata Jokowi di HUT ke-8 Partai Perindo, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Prabowo yang turut hadir di acara tersebut langsung berdiri dan memberi hormat kepada Jokowi. Suasana pun tampak menjadi riuh.

Jokowi mengingatkan semuah pihak bahwa Indonesia sudah memasuki tahun politik. Ia meminta agar setiap partai bersaing secara sehat.

"Jangan saling menjatuhkan. Kalau bisa itu antar partai saling memuji, jadi didengarkan juga enak, antar politisi saling memuji, antar partai saling muji, itu didengar enak, rakyat juga segar," ujar Jokowi.  

Selepas acara Jokowi mengatakan dirinya tidak mempermasalahkan jika pernyataannya terkait Pilpres 2024 merupakan jatah Prabowo sebagai sinyal dukungan kepada sang menteri pertahanan.

"Ya diartikan sinyal [dukungan] ya boleh, tapi kan saya ngomong juga nggak apa-apa," kata Jokowi setelah acara.

Jokowi tak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pernyataan tersebut. Yang jelas pada 2 November 2022 lalu Jokowi juga secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada Prabowo.

"Sudah sejak awal. Kok restu-restu? Sejak awal saya sampaikan mendukung beliau," ujar Jokowi.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Kaesang Memang Anak Presiden tapi Menteri Gak Seharusnya Sibuk Urus Acara Pernikahan Dia, Kenapa?

TEKS

Jokowi Dinilai Restui Acara Relawan, Kenapa Kritik PDI Perjuangan Cuma Menyerang Relawan?

TEKS

Komisaris BUMN Inisiasi Acara Relawan Jokowi, Pengamat: Aturannya Tidak Boleh Tapi Akan Dianggap Sah-Sah Saja

TEKS

MA Kabulkan PK Jokowi, Pemerintah Lolos dari Vonis Melawan Hukum Karhutla

TEKS

Gibran Heran Elite PDI Perjuangan Bilang Silaturahmi dengan Anies Ingin Memecah Belah

TEKS

Reaksi Gelagapan Elite PDI Perjuangan Tanggapi Pertemuan Anies-Gibran

VIDEO TERKAIT

15:55

Stok Bahan Pangan Menipis, Ancaman Krisis Pangan?

04:39

Jokowi Cemas Indonesia akan Kena Krisis Energi dan Lahirlah Aturan Ini

19:52

Kasus COVID-19 Melonjak, Lansia Bakal Divaksin Booster Kedua

20:22

Kejadian Luar Biasa Polio, IDAI Ingatkan Orang Tua Jangan Halangi Vaksinasi

12:15

Setelah TigaTahun Setop, Indonesia Akan Impor Beras Lagi?

14:45

Indra Kenz Divonis 10 Tahun Penjara, Asetnya Gak Dibalikin ke Korban?

14:36

Setelah Viral, Sulastri Lolos Seleksi Polwan, Kapolda Maluku Utara Minta Maaf

15:00

Kesaksiannya Berubah-ubah, Ajudan Akhirnya Ngaku Takut Ferdy Sambo

09:19

Paham Resesi Kurang dari 10 Menit

21:51

Presiden Korea Selatan Minta Maaf atas Tragedi Itaewon

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya