Jokowi Tak Segan Copot Menterinya Yang Sibuk Nyaleg

15 Mei 2023 13:05 WIB

Narasi TV

Presiden Joko Widodo. Sumber: menpan.go.id.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Sederet nama Menteri dalam Kabinet Indonesia Maju mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2024 mendatang. Presiden Jokowi ancam copot menterinya yang terlalu sibuk nyaleg 2024, jika kerja dan kewajiban mereka sebagai menteri terganggu.

"Kalau memang kerjanya terganggu, ya ganti bisa," ucap Jokowi usai menghadiri puncak Musra di Istora, Senayan, Jakarta pada Senin, 15 Mei 2023.

Presiden Jokowi sendiri memberikan lampu hijau bagi para menterinya yang ingin maju menjadi calon legislatif. Namun dengan catatan niat maju sebagai anggota dewan tidak mengganggu kinerja keseharian para menteri.

Pencalonan menteri sebagai caleg diatur Undang-Undang

UU Pemilu pasal 240 ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 2017 menjelaskan tentang pemilu bahwa tidak ada aturan yang melarang para menteri mendaftar sebagai caleg. Dalam aturan tersebut juga dijelaskan bahwasannya menteri yang mengajukan diri sebagai caleg tidak perlu mengundurkan diri.

"Yang harus kita tahu, secara aturan memang diperbolehkan. Kalau dari saya yang penting tidak mengganggu tugas-tugas keseharian," katanya.

Jokowi sebagai Presiden akan terus memantau dan mengevaluasi kinerja para Menteri menjelang Pemilu 2024. jika dirasa pencalonan para menterinya mengganggu kinerja kabinet, kemungkinan untuk melakukan reshuffle lebih besar.

“Saya selalu evaluasi, kalau memang kerjanya terganggu ya ganti saja,” tambah Jokowi.

Nama menteri yang maju menjadi caleg Pemilu 2024

Zulfikar Hasan maju sebagai caleg Partai Amanat Nasional saat ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan. 

Di urutan kedua ada Ida Fauziah maju caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang saat ini menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan.

Sama seperti Ida Fauziah, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar juga mencalonkan diri sebagai caleg dari PKB. 

Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Laoly juga tidak mau ketinggalan. Ia juga turut mencalonkan diri sebagai calon anggota dewan di pemilu 2024 dari partai PDIP. 

Johnny G Plate yang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika juga masuk dalam bursa pencalegan partai NasDem.

Dari partai yang sama, Syahrul Yasin Limpo yang menjabat sebagai Menteri Pertanian juga mendaftarkan diri sebagai caleg di pemilu 2024.

Selain para menteri, wakil menteri juga tidak mau ketinggalan. Afriansyah Ferry Noor yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan juga mencalonkan diri sebagai anggota dewan dari partai PBB.

Angela Tanoesoedibjo Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga masuk daftar anggota calon legislatif dari partai Perindo.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR