Kabar Reshuffle Kabinet: Hadi Tjahjanto Menkopolhukam & AHY Jadi Menteri ATR

20 Februari 2024 16:02 WIB

Narasi TV

Arsip foto - Jokowi bertemu AHY. Presiden Joko Widodo dan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono melakukan pertemuan intern di Istana Kepresidenan Bogor 22/05/2019. Antara/Hanni Sofia/pri

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Kabar perombakan kabinet (reshuffle) kembali terdengar di kalangan wartawan. Dua posisi yang kabarnya bakal diisi oleh nama baru adalah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (menkopolhukam) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (menteri ATR).

Jabatan menkopolhukam informasinya akan diisi oleh Hadi Tjahjanjanto yang sekarang menjabat sebagai Menteri ATR. Sedangkan posisi menteri ATR yang kosong kabarnya bakal diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Eks Menkopolhukum Mahfud Md mengaku sudah mendengar kabar bakal digesernya Hadi dari posisi Menteri ATR menjadi menkopolhukam.

"Saya mendengar, baca berita dari Anda, kan sudah terberitakan," ujar Mahfud dikutip Antara di Kantor Mahfud MD Initiative, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Ia menilai Hadi sosok yang baik.

"Iya, tidak apa-apa," katanya.

"Dia orangnya baik," lanjut Mahfud.

"Boleh juga, saya kenal baik sama beliau," pungkas cawapres nomor urut 03 ini.

Posisi menkopolhukam kosong setelah Mahfud menyerahkan langsung surat pengunduran diri dari jabatan itu ke Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Presiden Jokowi juga mengatakan pihaknya segera menunjuk Menko Polhukam definitif secepatnya, yang berasal dari kalangan non partai politik.

"Secepatnya ditunjuk menteri definitif. Tokohnya dari non partai politik," kata Jokowi dalam keterangannya kepada wartawan di Bale Rame, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2024).

Demokrat: AHY Siap

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menanggapi isu beredar yang menyebut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI. Dia mengatakan sebagai orang yang pernah menjadi prajurit militer, AHY selalu mendarmabaktikan hidup bagi bangsa dan negara.
 
“Jika negara memanggil, mas AHY siap memenuhi panggilan tugas dari negara. Namanya prajurit, beliau selalu mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Dulu di militer, lalu sekarang di medan politik. Ke depannya, tentu beliau selalu siap memenuhi panggilan tugas untuk bangsa dan negara,” ujarnya dihubungi melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa (20/2/2024).
 
Herzaky menyebut perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden. Namun demikian, kata dia, jika negara memanggil AHY selalu siap memenuhi panggilan itu.
 
Reshuffle kabinet hak prerogatif Presiden. Kami menghormati betul hak Bapak Presiden. Jadi, apakah akan ada pelantikan menteri, lalu siapa menterinya, tentu beliaulah yang tahu. Silahkan ditanyakan kepada beliau,” kata Herzaky.

Profil Hadi Tjahjanto

Hadi Tjahjanto adalah mantan Panglima TNI yang dilantik pada tahun 2017 menggantikan Gatot Nurmantyo. Sebelum diangkat sebagai Panglima TNI, Hadi juga merupakan Kepala Staf TNI AU periode 2017—2018.

Presiden sebelumnya menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud Md. yang telah mengundurkan diri.

Penunjukan itu disampaikan Presiden dalam Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 yang ditandatangani di Jakarta, Jumat. Keppres itu juga berisi tentang pemberhentian dengan hormat Mahfud Md.

Sebagaimana isi keppres tersebut, Tito Karnavian akan menjadi Plt. Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju periode 2019—2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR