Kapan Imlek 2024 Berlangsung dan Apa Shio Tahun Ini? Cek Jawabannya di Sini!

10 Jan 2024 20:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2024 Masehi/2575 Kongzili. (Sumber: Freepik)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Tahun Baru Imlek 2024 jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024 dalam kalender Masehi. Masyarakat Tionghoa di seluruh dunia akan merayakan Tahun Baru Imlek dengan berbagai tradisi. Perayaan bertujuan menyambut keberuntungan dan kemakmuran di tahun baru.

Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili ditentukan dalam kalender Lunar Tiongkok yang didasarkan pada siklus Bulan dan Matahari. Inilah yang membuat tanggal Tahun Baru Imlek selalu berubah. Meski begitu, biasanya Tahun Baru Imlek akan selalu berkisar antara tanggal 21 Januari hingga 20 Februari.

Surat Keputusan Bersama 3 Menteri (Menteri Agama, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta Menteri Dalam Negeri) memberikan dua hari libur pada perayaan Tahun Baru Imlek 2024. Hari libur ini jatuh pada Jumat (9/2/2024) yaitu cuti bersama dan Sabtu (10/2/2024) yaitu libur nasional.

Sementara itu, 15 hari setelah Hari Raya Imlek akan ada perayaan Cap Go Meh. Ini adalah agenda puncak perayaan Imlek bagi etnis Tionghoa. Biasanya akan ada parade dan arak-arakan sepanjang jalan yang terkenal dengan pertunjukan barongsai.

Shio tahun 2024 dan artinya

Terdapat 12 jenis shio hewan yang dipercaya oleh etnis Tionghoa yaitu tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, ayam jago, anjing, dan babi. Tahun 2024 ini memiliki shio naga kayu atau yang wood on dragon atau jia chen.

Menurut mitologi Cina, naga adalah simbol kekuatan, keberanian, kreativitas, dan inovasi. 

Orang yang memiliki shio Naga lahir pada tahun 1952, 1964, 1976, 1988, 2000, dan 2012. Pemilik shio Naga dikenal ambisius, karismatik, suka berpetualang, tidak takut, percaya diri, mandiri, dan visioner.

Naga Kayu merepresentasikan pertumbuhan, kreativitas, dan fleksibilitas. Oleh karena itu, Naga Kayu dianggap menjadi masa yang baik bagi para pemimpin visioner, inovator, dan problem solver.

Beberapa shio yang diramalkan beruntung pada tahun ini adalah monyet, ayam, dan babi. Sementara shio yang kurang beruntung adalah sapi, kelinci, kambing, dan anjing. 

Bagi pemilik shio naga, tahun ini akan banyak sekali peluang dan tantangan yang harus dihadapi.

Tradisi Imlek

Umat Kong Hu Cu dan Taoisme tentu akan disibukkan dengan persiapan menjelang perayaan Imlek. 

Biasanya, mereka akan membersihkan rumah sebagai bentuk mengusir roh jahat agar tidak datang pada saat tahun baru. Harapannya, keberuntungan bisa masuk ke dalam rumah yang bersih dan rapi.

Mereka juga akan membeli pernak-pernik Tahun Baru Imlek seperti lampion, angpao, dan dekorasi lainnya. Lampion dipercaya mampu membawa keberuntungan dan kemakmuran dalam hidup.

Selain itu, umat Kong Hu Cu akan memasak makanan khas Imlek seperti bakcang, manisan, dan kue keranjang. 

Bakcang sendiri merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan berisi daging babi atau ayam, jamur berkecap, dan telur asin. Makanan ini kemudian dibungkus dengan daun bambu kemudian dikukus.

Tradisi lainnya yang paling dinantikan yaitu pembagian angpao. Biasanya penerima angpao adalah anak-anak, orang tua, dan kerabat dekat sebagai tanda kasih sayang, syukur, dan keberuntungan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER