4 Fakta Met Gala 2024: Kapan Dilaksanakan dan Apa Tema yang Diusung Tahun Ini?

4 Mei 2024 10:05 WIB

Narasi TV

Penampilan beberapa selebritis dunia di red carpet Met Gala. Sumber: Vogue.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Perhelatan busana, seni, dan budaya terkenal di dunia tinggal menghitung hari. Pameran kostum Met Gala 2024 akan menampilkan sekitar 250 item yang diambil dari koleksi permanen Costume Institute. Lantas, kapan Met Gala 2024 berlangsung?

Met Gala 2024 akan digelar pada Senin, 6 Mei 2024 di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat. Tahun ini Met Gala mengangkat tema “Sleeping Beauties: Reawakening Fashion”. 

Sebanyak 250 item langka dari koleksi Costume Institute akan ditampilkan dalam Met Gala kali ini. Item tersebut mencakup lebih dari 400 tahun sejarah mode. Berbagai karya dari desainer ternama seperti Schiaparelli, Dior, Givechy, dan lain sebagainya akan ditampilkan di sini.

Menurut Kurator Wendy Yu, Andrew Bolton, Met Gala 2024 akan dibentuk sekitar tiga zona utama yaitu tanah, laut, dan langit. Pembagian tersebut merupakan wujud pujian dan penghormatan terhadap alam.

“Ini merupakan pujian terhadap alam dan puisi emosional dari fesyen,”ujar Andrew, dikutip dari Vogue.

4 hal yang harus diketahui dari Met Gala 2024

Berikut hal-hal yang harus kamu ketahui dari Met Gala 2024:

  • Makna “Sleeping Beauties: Reawakening Fashion”

Tema ini ditetapkan bukan tanpa alasan. “Sleeping Beauties: Reawakening Fashion” berarti menghembuskan kehidupan baru ke dalam objek bertingkat lewat aktivasi kreatif. Para tamu bisa merasakan suara, tekstur, dan gerakan pakaian yang tidak lagi bisa dipakai karena rapuh.

Jadi, pameran ini akan fokus pada penggunaan penelitian, percakapan, dan teknologi untuk mereplikasi sensasi dari karya utama di museum. Gagasan kelahiran kembali dan pembaruan ini juga menggunakan alam sebagai metaforanya.

  • Tuan Rumah Met Gala 2024

Pada 15 Februari 2024, Vogue mengumumkan siapa saja yang menjadi Co-Chair Met Gala 2024. Mereka diantaranya adalah Bad Bunny, Chris Hemsworth, Jennifer Lopez, Zendaya, dan Anna Wintour.

Direktur Kreatif Loewe, Jonathan Anderson dan CEO TikTok Shou Zi Chew juga akan menjabat sebagai Ketua Kehormatan Met Gala 2024.

  • Tema Kostum Red Carpet Met Gala 2024

Bak bunga berjalan di sepanjang karpet merah, tema kostum Met Gala 2024 yaitu “The Garden of Time”. Tema ini terinspirasi dari J.G. Cerpen Ballard yang ditulis pada 1962. Jadi, masyarakat bisa melihat banyaknya hadirin yang tampil penuh nuansa bunga dan tumbuhan selama melewati karpet merah Met Gala 2024.

  • Tamu Met Gala 2024

Tamu Met Gala 2024 tidak pernah diumumkan sebelum hari pelaksanaan. Jadi, pengunjung akan mendapatkan kejutan besar saat melihat satu per satu tamu hadir dan melenggang di atas red carpet.

Beberapa nama yang sering hadir dalam Met Gala yaitu keluarga Kardashian dan Jenners, Emma Chamberlain, Rihanna, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin menonton aksi red carpet yang fenomenal dalam Met Gala, kamu bisa menyaksikannya melalui channel YouTube Vogue.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR