Mau Lihat Patung Raksasa KAWS Rebahan di Candi Prambanan? Simak Caranya

22 Aug 2023 10:08 WIB

thumbnail-article

Instalasi KAWS raksasa karya seniman Brian Donnelly yang berbaring di tengah-tengah kompleks Candi Prambanan. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Candi Prambanan di Yogyakarta tampak menyuguhkan pemandangan yang berbeda pada akhir bulan Agustus 2023. 

Terdapat instalasi KAWS raksasa karya seniman Brian Donnelly yang berbaring di tengah-tengah kompleks Candi Prambanan.

Karakter ikonik bernama ACCOMPLICE itu berukuran panjang 45 meter dan tinggi 15 meter dengan warna merah muda yang mencuri perhatian. 

Kehadiran KAWS raksasa di tengah kompleks Candi Prambanan merupakan bagian dari tur pameran keliling dunia Donnelly bertajuk "KAWS: HOLIDAY". 

Pemberhentian KAWS di Yogyakarta merupakan hasil kerja sama dengan AllRightsReserved dan AKG Entertainment sebagai kolaborator lokal. 

Warna pink mencolok

Brian Donnelly sejak lama menyukai warna merah muda, sehingga ia membuat karakter ACCOMPLICE dalam warna tersebut.

Warna pink ini menjadi kontras dengan lanskap Candi Prambanan yang bernuansa hijau pepohonan.

"Patung monumen seperti ini, warna pink yang disukai tentunya menjadi kontras. Jadi warna ini sudah pernah dipakai di karya sebelumnya. Tapi untuk saya, it looks nice dengan warna hijau dan hitam milik candi," ujar Board Member AKG Entertainment Axton Salim, dikutip dari CNNIndonesia.com.

KAWS raksasa akan dipamerkan selama tanggal 19—31 Agustus 2023 dan dapat dinikmati pengunjung objek wisata Candi Prambanan dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. 

Cara menikmati KAWS raksasa

Instalasi patung raksasa KAWS di kompleks Candi Prambanan menjadi atraksi baru yang dapat dinikmati oleh para pelancong.

Untuk bisa melihat dari dekat instalasi patung KAWS, tidak ada tiket khusus yang diberlakukan. 

"Tidak ada tiket khusus untuk mengagumi patung KAWS: HOLIDAY organized by AllRightsReserved ini, dengan memasuki Taman Wisata Candi Prambanan, wisatawan dapat menikmati tanpa biaya apa pun," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan Febrina Intan seperti dilansir dari Antaranews.com. 

Pengunjung hanya perlu membeli tiket masuk kawasan Candi Prambanan seperti biasa dan datang pada jam operasional TWC Prambanan. 

"Para wisatawan Candi Prambanan mendapatkan kesempatan mengagumi perpaduan arsitektur kuno dengan seni kontemporer," lanjut Febrina. 

Kehadiran KAWS yang berkolaborasi dengan AllRightsReserved diharapkan dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Indonesia, khususnya Yogyakarta. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER