Menjelang Ganjar Pranowo Purna Tugas: Menyambangi Ulama Hingga Berterima Kasih pada Warga Jawa Tengah

21 Agustus 2023 18:08 WIB

Narasi TV

Ganjar Pranowo. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan purna tugas pada Selasa (5/9/2023). Menjelang masa purna tugasnya, bakal calon presiden (Bacapres) Perindo tersebut menyambangi beberapa daerah di Jawa Tengah sembari berpamitan.

Pada Sabtu (19/8/2023), Ganjar berkunjung ke Brebes, Jawa Tengah. Ia menghadiri Upacara HUT Provinsi Jawa Tengah ke-78 di Alun-Alun Brebes, Jawa Tengah untuk menjadi inspektur upacara.

Dalam sambutannya, ia mengucapkan terima kasih sekaligus salam hormat kepada seluruh masyarakat yang turut membantu memajukan Provinsi Jawa Tengah selama 10 tahun terakhir.

“Penghormatan saya yang setinggi-tingginya atas pengabdian dan ketulusan Bapak/Ibu atas kerja keras dan kerja cerdas dari Bapak/Ibu, dan saya sangat bangga dan terhormat bisa bekerja bersama Panjenengan (Anda) semua,” ucap Ganjar Pranowo, dilansir dari iNews.

Usai menjadi inspektur upacara, Ganjar Pranowo pun meresmikan Pasar Bawang Sengon, Brebes, Jawa Tengah. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah yang sudah aktif bergotong royong membangun Provinsi Jawa Tengah.

Pasar Bawang Sengon Brebes tersebut masuk dalam salah satu pasar yang direvitalisasi oleh Ganjar Pranowo. Sejak menjadi Gubernur Jawa Tengah tahun 2013, Ganjar menggelontorkan anggaran sebesar Rp360 miliar untuk revitalisasi 79 pasar tradisional di Jawa Tengah.

Mengunjungi para ulama dan tokoh agama

Baru-baru ini, Ganjar Pranowo sempat mengunjungi Wakil Katib Syuriah PCNU Brebes, KH Muhammad Khoif Sya’roni pada Sabtu (19/8/2023). Selain bersilaturahmi, Ganjar juga ingin berpamitan kepada pengasuh Pondok Pesantren Al Habibatain Bumiayu tersebut.

“Alhamdulillah para romo kyai rawuh (datang), saya senang sekali bisa bertemu panjenengan (anda). Saya mau pamit karena tanggal 5 nanti saya pensiun. Mohon maaf apabila ada khilaf,” ujar Ganjar ketika berbincang bersama para kiai dan ulama di Brebes, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo juga sempat menyambangi puluhan ribu ulama dan tokoh utama di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Ia mengunjungi Pengajian Umum Isti Ghozah pada Senin (7/8/2023). 

Ia hadir untuk memberikan sambutan sekaligus berpamitan kepada puluhan ribu warga NU yang hadir dalam acara tersebut.

Usai acara, Ganjar Pranowo juga mengunjungi kediaman Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya. Masih dengan agenda yang sama, kunjungannya ini juga dalam rangka berpamitan menjelang masa purna tugasnya.

Siapakah (Pj) Gubernur Jawa Tengah?

DPRD Provinsi Jawa Tengah mulai mempersiapkan sosok yang akan diusulkan menjadi Gubernur Jawa Tengah usai ditinggal Ganjar Pranowo. Seperti diketahui, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen akan mengakhiri masa jabatan per 5 September 2023.

Menurut Ketua DPRD Jateng, Sumanto, Pj Gubernur Jawa Tengah berasal dari ASN madya. Selain itu, hanya ada tiga nama yang boleh diusulkan untuk menggantikan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah sesuai Permendagri No. 4 Tahun 2023.

“Kita akan usulkan ke sana nanti siapa terserah presiden. Yang boleh usul itu adalah kementerian dan DPR,”ujar Sumanto pada Kamis (3/8/2023) dilansir dari Kompas.com.

Pihaknya berharap agar Pj Gubernur Jawa Tengah nantiya dapat melanjutkan program kerja Ganjar Pranowo sekaligus membenahi kekurangannya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR