Kecelakaan Bus Rosalia Indah di Tol Semarang-Batang Telan Tujuh Korban Jiwa

11 April 2024 20:04 WIB

Narasi TV

Kecelakaan bus Rosalia Indah di ruas Tol Semarang-Batang, Kamis (11/4/2024). (Sumber: Humas Polda Jateng via ANTARA)

Penulis: Rizal Amril

Editor: Indra Dwi

Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan ketika melintas di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang, Kendal, Jawa Tengah pada Kamis (11/4/2024) pagi. Akibat kecelakaan tersebut, sebanyak tujuh orang meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengonfirmasi kecelakaan yang dialami bus bernomor polisi AD 7019 OA tersebut.

"Bus mengangkut 34 penumpang, termasuk sopir dan kondektur," ujar Kombes Pol Satake Bayu.

Ia menjelaskan bahwa peristiwa kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi ketika bus Rosalia Indah tengah melaju dari arah barat (Jakarta) ke timur (Semarang).

Saat melaju di KM 370, bus tersebut keluar dari jalan dan masuk ke parit disisi kiri jalan.

Pihak kepolisian menyatakan bahwa dugaan sementara penyebab terjadinya kecelakaan tersebut adalah sopir yang mengantuk.

Dari ketujuh korban jiwa dalam peristiwa tersebut, empat orang telah teridentifikasi sebagai warga Bekasi, Wonogiri, dan Nganjuk.

Sementara itu, dua dari tujuh korban meninggal dalam peristiwa naas tersebut diketahui merupakan balita.

Tujuh korban jiwa yang meninggal dalam peristiwa tersebut dan 15 korban luka-luka kini telah dievakuasi ke RS Islam Weleri, Kendal untuk mendapatkan perawatan.

Bus bawa pemudik

Kapolres Batang Ajun Komisaris Besar Polisi Nur Cahyo Ari Prasetyo menjelaskan bahwa bus Rosalia Indah dengan nompol AD 7019 OA tengah membawa pemudik dengan tujuan Jawa Timur ketika mengalami kecelakaan pada Kamis pagi.

"Seluruh penumpang bus merupakan pemudik yang berangkat dari Terminal Pondok Ungu Bekasi dengan tujuan Jawa Timur," katanya.

Kasatlantas Polres Batang Ajun Komisaris Polisi Wigiyadi menyebut, bus Rosalia Indah sempat terseret sekitar 150 meter ketika masuk parit.

"Bus masuk ke parit, kemudian terseret sekitar 150 meter," katanya.

Dari hasil olah TKP sementara, AKP Wigiyadi menjelaskan bahwa korban meninggal diperkirakan karena terlempar keluar dan terjepit bus.

"Kalau melihat kejadian ada lima korban meninggal yang terlempar keluar, kemudian dua lainnya terjepit," ujarnya.

Pengemudi bus Rosalia Indah sendiri mengalami luka-luka dan tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit. Sementara seorang kondektur bus menjadi korban meninggal dalam kecelakaan tersebut.

Sumber: ANTARA

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR