Kenali Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

8 Jan 2023 20:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi minyak oil dalam mangkuk. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Terdapat banyak manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh maupun kulit jadi tidak heran banyak orang yang kerap mengkonsumsi minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng kelapa sawit untuk mengolah makanan dan menjadi bahan campuran masakan.

Sebagian dari kita mungkin masih belum tahu manfaat lengkapnya dan apa yang membedakan minyak zaitun dengan minyak lain. Untuk itu simak ulasan lengkap artikel berikut ini: 

Apa itu Minyak Zaitun?

Minyak zaitun atau biasa dikenal dengan sebutan olive oil merupakan minyak alami yang terbuat dari ekstraksi buah zaitun, yang memiliki kandungan omega 6 dan asam lemak omega 3.

Dari hasil proses ekstraksi terdapat jumlah kandungan asam oleat yang sangat baik bagi tubuh, bahkan diyakini dapat mengurangi peradangan dan juga cocok untuk perawatan kulit.

Jenis-jenis minyak zaitun

Extra virgin olive oil

Jenis ini diyakini sebagai jenis minyak zaitun terbaik karena hasil proses ekstraksi terdapat beberapa jenis minyak zaitun yaitu melalui proses cold pressed atau hanya melalui 1 perasan. tidak diolah dengan bahan kimia dan tidak diubah oleh suhu tertentu. Kadar keasaman minyak zaitun jenis ini hanya 1 persen.

Virgin olive oil. 

Terkait proses minyak zaitun jenis ini juga didapat dari perasan pertama. Namun yang membedakan adalah kadar asamnya sekitar 3 persen, biasanya minyak zaitun jenis ini cocok untuk olesan roti, campuran salad dan tumisan sayur

Refined olive oil

Minyak zaitun jenis ini didapat dari campuran extra virgin dan virgin olive oil atau dari buah zaitun hitam dan matang. Minyak  zaitun jenin ini lebih cocok untuk memasak seperti menggoreng atau memanggang.

Pure Olive Oil 

Merupakan jenis minyak zaitun yang diperoleh dari kombinasi minyak zaitun jenis virgin yang telah diolah dan extra virgin. Minyak  zaitun jenis ini cocok digunakan untuk memasak makanan dalam suhu panas seperti deep fry.

Light olive oil 

Minyak zaitun jenis ini telah melalui proses saring yang hasilnya mempengaruhi warna minyak zaitun, memiliki rasa netral dan titik asap yang lebih tinggi. Jenis minyak satu ini biasanya digunakan untuk memanggang, menumis, dan menggoreng.

Pomace Olive Oil 

Pomace olive oil adalah minyak zaitun berkualitas rendah, diekstraksi dengan residu  yang tersisa setelah buah ditekan yang hasilnya menghasilkan minyak dan air. Minyak zaitun jenis ini biasanya digunakan untuk campuran produk perawatan tubuh seperti krim, lotion, atau kosmetik.

Manfaat minyak zaitun

  • Menurunkan Kolesterol

Manfaat pertama minyak zaitun adalah menurunkan kolesterol. Hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan campuran antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan juga untuk mempertahankan kolesterol baik (HDL) pada tubuh.

  • Mencegah Kanker

Antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, hal ini tentu berdampak baik dalam pencegahan  kanker

  • Mencegah Obesitas

Masih soal antioksidan yang cukup tinggi pada kandungan minyak zaitun, hal ini memiliki manfaat bagi tubuh untuk mencegah berat badan naik atau mencegah obesitas, namun harus dibarengi dengan pola makan yang sehat dan olahraga rutin. 

  • Menurunkan risiko kanker payudara

Minyak zaitun memiliki berbagai senyawa yang bersifat antioksidan, yakni asam oleat, squalene, secoiridoid, dan lignan. Asam oleat pada minyak zaitun dapat membantu melindungi DNA sel payudara dari kerusakan akibat paparan radikal bebas penyebab kanker.

  • Meningkatkan Kualitas Sperma

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dipercaya melindungi membran sel sperma dari kerusakan. Karena Vitamin E dikaitkan dengan pergerakan dan peningkatan jumlah sperma.

Efek samping minyak zaitun

  • Dapat meningkatkan kenaikan berat badan karena mengkonsumsi minyak zaitun yang mengandung tinggi kalori
  • Alergi diakibatkan karena produk terkontaminasi serbuk sari dan protein dari buah zaitun
  • Dapat menyebabkan ketidakseimbangan asupan gizi karena minyak zaitun hanya tinggi lemak namun rendah pada zat gizi lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Perlu diingat, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi apapun karena hasilnya tidak baik.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER