Bulan Ramadan, Maksimalkan Penggunaan Media Sosial untuk Hal Baik dan Bermanfaat

3 April 2023 19:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pasangan muslim menggunakan media sosial untuk berbagi kebaikan dan kebahagiaan di bulan Ramadan. (Sumber: Pexels/Jack Sparrow)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Saat bulan Ramadan tiba, umat Muslim di seluruh dunia beramai-ramai meningkatkan ibadah untuk mencapai level keimanan yang lebih tinggi. 

Macam-macam kegiatan keagamaan seperti pengajian, tadarus, dan tarawih bersama pun diselenggarakan.

Perkembangan teknologi digital dan penggunaan media sosial yang masif membuat kegiatan Ramadan menjadi lebih inklusif dan semarak. 

Melalui media sosial, kemeriahan bulan suci ini dapat diketahui dan turut dirasakan bahkan oleh mereka yang tidak merayakannya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan tenggang rasa antar umat beragama. 

Tak hanya itu, media digital dan media sosial kini menjadi salah satu sarana utama bagi masyarakat dalam mencari informasi seputar Ramadan. Misalnya, kita dapat dengan mudah mengikuti perkembangan informasi terkait kemunculan hilal yang menandakan dimulainya masa Ramadan lewat unggahan-unggahan di media sosial. 

Kehadiran media sosial juga membuat kegiatan Ramadan tidak lagi terbatas pada aktivitas fisik, melainkan juga aktivitas virtual. 

Jika dimanfaatkan dengan tepat, media sosial dapat menjadi jembatan atas kebaikan-kebaikan yang kita lakukan sepanjang bulan Ramadan. 

Lantas, bagaimana kita dapat memanfaatkan penggunaan media sosial di bulan Ramadan?

Nah, berikut ini adalah beberapa aktivitas virtual di bulan Ramadan yang dapat coba kamu lakukan. 

Membuat konten Ramadan

Kamu seorang content creator yang hobi atau bahkan jago bikin konten? Nah, pas banget, kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu untuk membuat konten-konten bertema Ramadan. 

Selama bulan Ramadan, banyak orang yang mencari informasi, hiburan, atau bahkan berbelanja melalui media sosial.

Manfaatkan tingginya antusiasme ini dengan membuat konten sesuai dengan kebutuhan audiens.

Misalnya, kamu bisa membuat ucapan menyambut Ramadan atau tips-tips selama berpuasa yang bisa dibagikan orang lain di akun mereka. Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan interaksi di akunmu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat konten-konten rekomendasi seperti menu berbuka, spot-spot mencari takjil, atau OOTD bukber. 

Sesuaikan dengan kreativitas, tipe audiens, dan personamu di media sosial.

Sharing doa dan kajian

Sering kali, kita membagikan konten di media sosial yang kita anggap menarik atau perlu diketahui oleh orang lain. 

Selama bulan Ramadan, kamu bisa coba membagikan konten bertema keagamaan seperti quotes, doa-doa, refleksi Ramadan, atau kutipan dari sebuah ceramah. 

Ketika membagikan konten-konten positif dan bermanfaat, kita pun turut serta dalam menyebarkan kebaikan di ranah virtual. 

Semakin banyak pengikut yang kamu miliki di media sosial, maka semakin banyak pula orang yang mendapatkan kebaikan dari konten-konten tersebut.

Menyeleksi konsumsi konten di medsos 

Selain memperbanyak perbuatan baik, di bulan Ramadan, umat Muslim juga diperintahkan untuk menjauhi hal-hal yang kurang bermanfaat. 

Di media sosial, kita dapat menjumpai begitu banyak jenis konten. Tentunya, tidak semua konten yang ada di media sosial bersifat positif. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan momen di bulan Ramadan ini untuk menyeleksi kembali konten yang kamu konsumsi di media sosial. 

Hindari juga interaksi di unggahan-unggahan kontroversial yang tentunya hanya akan menghabiskan waktu dan energi serta mengurangi berkah puasa.

Follow akun positif, unfollow akun negatif

Sembari menyeleksi konten, kamu juga dapat memilah kembali daftar following media sosialmu. Tidak ada salahnya untuk unfollow akun yang memberikan pengaruh negatif bagimu.

Kamu bisa meninggalkan akun-akun yang hanya menguras emosi dan waktumu secara percuma karena unggahan-unggahan yang negatif seperti akun penyebar hoax, debat kusir, atau teori konspirasi.

Sebagai gantinya, follow akun-akun yang menyebarkan kebaikan melalui konten-konten positif. Misalnya, kamu bisa follow akun penceramah favoritmu, akun dakwah, atau akun-akun lain yang mengajak penggunanya menjadi pribadi yang lebih baik. 

Beramal lewat platform donasi online

Aktivitas virtual lainnya yang dapat kamu lakukan selama bulan Ramadan adalah beramal lewat platform donasi online

Saat ini, banyak platform dan aplikasi amal yang tentunya sangat membantu dalam berbagi rezeki dengan saudara kita yang membutuhkan. 

Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menggalang dana yang nantinya dapat digunakan untuk membeli takjil atau menu berbuka puasa untuk dibagikan secara cuma-cuma.  

Nah, begitu banyak kegiatan bermanfaat yang dapat diakukan lewat media sosial selama bulan Ramadan ini. 

Apa pun aktivitas yang hendak kamu lakukan, ingatlah untuk selalu mengawalinya debgan niat baik. Sebab, segala sesuatu yang dimulai dengan niat baik pasti akan berakhir baik pula.

***

Pada Ramadan tahun ini, Narasi mengajak anak muda untuk memulai segala sesuatu dengan niat dan proses yang baik. Hingga akhirnya kita semua dapat menjalani segala prosesnya hingga #KetemuJalannya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR