Sedekah Subuh di Rumah: Keutamaan, Tata Cara, dan Bacaan Niatnya

18 Jul 2024 21:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi bersedekah. (Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Sedekah subuh merupakan amalan sedekah yang dilakukan pada waktu subuh. Berbeda dari sedekah biasanya, sedekah subuh memiliki keutamaan lebih karena waktu subuh adalah waktu yang istimewa.

Sedekah subuh dapat dilakukan dengan memberikan sedekah, apapun bentuknya, sewaktu subuh. Baiknya sedekah ini dilakukan ketika kita melaksanakan salat Subuh berjamaah di masjid. Namun, sedekah dari rumah juga bisa dilakukan.

Mengutip dari NU Online, waktu subuh adalah waktu yang istimewa karena pada saat itu terdapat dua malaikat yang diturunkan Allah Swt. ke Bumi.

Kedua malaikat tersebut turun ke Bumi dan masing-masing darinya berseru: "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).

Hal ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammad saw. berikut:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - أَنَّ النَّبِىَّ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: Dari Abu Hurairah ra. bahwa Nabi saw. bersabda: "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua Malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)". (HR Bukhari dan Muslim)

Karena doa yang dipanjatkan kedua malaikat tersebutlah, sedekah di waktu subuh sangat dianjurkan.

Belum lagi, sedekah merupakan salah satu amalan yang utama dalam Islam. Dalam Al-Qur’an, Allah tidak hanya sekali memuji hambaNya yang bersedekah. 

Pujian atas hamba yang bersedekah tersebut disebutkan dalam beberapa ayat, salah satunya dalam surat Al Baqarah ayat 3 berikut:

 الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَۙ ۝٣

alladzîna yu'minûna bil-ghaibi wa yuqîmûnash-shalâta wa mimmâ razaqnâhum yunfiqûn.

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman pada yang gaib, menegakkan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.”

Atau juga dalam surah Al-Baqarah ayat 245 berikut:

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةًۗ وَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ ۝٢٤٥

man dzalladzî yuqridlullâha qardlan ḫasanan fa yudlâ‘ifahû lahû adl‘âfang katsîrah, wallâhu yaqbidlu wa yabshuthu wa ilaihi turja‘ûn.

Artinya: “Siapakah yang mau memberi pinjaman yang baik kepada Allah? Dia akan melipatgandakan (pembayaran atas pinjaman itu) baginya berkali-kali lipat. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki). Kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”

Keutamaan sedekah subuh

Keutamaan sedekah subuh tertuang dalam hadis Nabi Muhammad saw. yang menerangkan jika seseorang yang bersedekah akan diganti oleh Allah Swt.

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda:

 عن أبي هُريرة قَالَ: قالَ رَسُول اللَّه ﷺ: مَا مِنْ يَوْمٍ يُصبِحُ العِبادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلانِ، فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

"Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya. Malaikat yang satu lagi berkata: `Ya Allah, musnahkanlah harta orang-orang yang bakhil." (HR Bukhari & Muslim)

Selain itu Allah atang memberikan pahala yang berlipat ganda, Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Hadid ayat 18:

 اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَا لْمُصَّدِّقٰتِ وَاَ قْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Innal-mushshoddiqiina wal-mushshoddiqooti wa aqrodhulloha qordhon hasanay yudhoo'afu lahum wa lahum ajrung kariim.

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia."

Cara bersedekah subuh di rumah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan sedekah subuh, berikut di antaranya:

  • Mentransfer uang kepada lembaga sosial atau orang-orang yang membutuhkan.
  • Memasukkan uang ke kotak amal di masjid setelah melaksanakan salat Subuh berjamaah.
  • Memberikan makanan kepada tetangga, panti asuhan, atau pondok pesantren yang membutuhkan setelah subuh dan sebelum matahari terbit.
  • Menabung di toples atau celengan, nantinya uang itu kamu bisa berikan ke masjid atau lembaga sedekah lainnya.

Niat bacaan sedekah subuh di rumah

وَمُتَابَعَةَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَاِدْخَالَ السُّرُوْرِ عَلَى اْلاِخْوَانِ وَدَفْعِ البَلاَءِ عَنْهُ وَعَنْ سَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلاِنْفاقَ مِمَّا رَزَقَهُ الله وَقَهْرَ النّْفسِ والشّيطان

Nawaitu taqorruba ilallahi ta'ala wattuqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma 'ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu'awanatadh dlu'afai wa mutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wa sallama wa idkholas sururi 'alal ikhwani wa daf'il balai 'anhu wa 'an sairil Muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya: "Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi saw., memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum Muslimin, menafkahkan rizki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER