Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Islam Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist

23 Jan 2024 22:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi menuntut ilmu di jalan Allah Swt. (Sumber: Pexels/Pok Rie)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Ilmu adalah kunci dari segala kebaikan dan juga pengetahuan, dalam Islam sendiri terdapat beberapa keutamaan seorang hamba dalam menuntut ilmu.

Melansir NU Online, kata “ilmu” berasal dari bahasa Arab “al-‘ilmu” yang berarti adalah “usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia”.

Islam sendiri mewajibkan setiap umatnya untuk mencari ilmu. Wahyu pertama yang turun ke Nabi Muhammad saw. sendiri adalah kewajiban untuk membaca, yang terdapat dalam ayat pertama surah Al-Alaq.

Oleh karenanya, kedudukan ilmu dalam Islam sangatlah mulia. Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad saw. bersabda:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

Artinya: “Barangsiapa yang menginginkan urusan dunia, maka wajiblah baginya berilmu. Dan barangsiapa yang ingin urusan akhirat (selamat di akhirat) maka wajiblah ia memiliki ilmu juga. Dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah ia memiliki ilmu tentangnya juga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Keutamaan menuntut ilmu

Menuntut ilmu mempunyai keutamaan dalam Islam, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Dapat mengangkat derajat

Keutamaan menuntut ilmu yang pertama adalah dapat mengangkat derajat, penjelasan ini sebagaimana firman Allah Swt. dalam surat Al Mujadalah ayat 11:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu “Berilah kelapangan didalam majelis-majelis,” lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, “Berdirilah,” (kamu) berdirilah. Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadalah: 11).

2. Menuntut ilmu adalah jalan menuju surga

Allah menjadikan ilmu sebagai jalan menuju surga, hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadis mencari ilmu bahwa Rasulullah saw. bersabda:

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya: "Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR Muslim, no. 2699).

3. Mendapatkan pahala yang terus mengalir

Keutamaan menuntut ilmu selanjutnya adalah mendapatkan pahala yang terus mengalir, walaupun dirinya telah meninggal. Rasulullah saw. bersabda:

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: "Jika seorang manusia mati, maka terputuslah darinya semua amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya." (HR Muslim no. 1631).

Berdasarkan beberapa keutamaan yang dipaparkan di atas,Syekh Al Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’alim menekankan niat dalam menuntut ilmu harus didasari keikhlasan dan niat untuk mencari rida Allah Swt.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER